3 Negara Asia Tenggara yang Berpotensi Besar Gabung BRICS

Jum'at, 13 September 2024 - 14:02 WIB
loading...
3 Negara Asia Tenggara...
Presiden Rusia Vladimir Putin berpidato dalam Forum Parlemen BRICS di St.Petersburg, Rusia, 11 Juli 2024. FOTO/AP
A A A
JAKARTA - BRICS menarik perhatian negara-negara Asia Tenggara dengan Thailand dan Malaysia menyatakan keinginan mereka bergabung dengan blok ini. Thailand negara yang pertama mengajukan permohonan keanggotaan, sementara Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan negaranya akan segera memulai prosedur-prosedur formal.

"Menjadi anggota BRICS akan membuka peluang perdagangan dan investasi, jadi pertanyaannya adalah, mengapa tidak?" ujar Direktur Eksekutif ASEAN Foundation, Piti Srisangam mengatakan kepada DW, belum lama ini.

Baca Juga: Arab Saudi Mau Terima Yuan untuk Pembelian Minyak, Bye Petrodolar?

Tahun lalu, BRICS memutuskan untuk memperluas keanggotaan dengan mengundang Mesir, Ethiopia, Iran, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) untuk bergabung dengan blok tersebut. Jika digabungkan, anggotanya mencakup sekitar 45% populasi dunia atau sekitar 3,5 miliar orang.

Menurut Bank Dunia, ekonomi mereka bernilai sekitar USD30 triliun atau sekitar 28% dari ekonomi global. Malaysia dan Thailand bukanlah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tertarik bergabung dengan BRICS.

Pada bulan Mei, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam Pham Thu Hang, mengatakan, "Seperti banyak negara di seluruh dunia, kami memantau dengan seksama proses perluasan keanggotaan BRICS."

Baca Juga: Media Asing Soroti Nasib Jokowi: dari Pujian New Hope Menjadi Mulyono

Pada KTT BRICS di Afrika Selatan tahun lalu, terdapat spekulasi bahwa Indonesia satu-satunya negara G20 di Asia Tenggara yang berharap dapat menyelesaikan proses aksesi dengan OECD dalam waktu tiga tahun dapat menjadi anggota BRICS.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)