Sustainability Education Forum, PAI Paparkan tentang Pertanian Berkelanjutan

Selasa, 17 September 2024 - 13:20 WIB
loading...
Sustainability Education...
Pandawa Agri Indonesia (PAI) menggelar forum edukasi keberlanjutan di Wilmar Kalimantan Tengah dengan topik Educate to Innovate: Edukasi Keberlanjutan dan Keselamatan Penggunaan Pestisida. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SAMPIT - Pandawa Agri Indonesia (PAI) menggelar forum edukasi keberlanjutan (sustainability education forum) di Wilmar Kalimantan Tengah dengan topik Educate to Innovate: Edukasi Keberlanjutan dan Keselamatan Penggunaan Pestisida . PAI merupakan perusahaan berbasis life-science.

Corporate Sustainability and Communications Manager PAI Junia Anindya mengatakan, program ini merupakan upaya mendukung komitmen keberlanjutan (sustainability) perusahaan. ”Sekaligus membantu meningkatkan awareness terkait praktik pertanian berkelanjutan serta penggunaan pestisida secara bijak,” katanya dalam siaran persnya, Selasa (17/9/2024).

Kegiatan yang digelar Kamis, 5 September 2024 ini diikuti lebih dari 60 orang karyawan. Terdiri dari tenaga semprot, Field Coordinator, manager kebun, hingga Plantation Head. Seminar yang bertujuan untuk mempromosikan praktik pertanian yang ramah lingkungan ini dibagi menjadi dua sesi komprehensif.

Sesi pertama ditujukan bagi manajemen tingkat atas, berisi informasi seputar inovasi terkini di bidang pertanian berkelanjutan. Termasuk penggunaan WEED Solut-ioN®️ (WS), teknologi reduktan dari PAI yang telah mempublikasikan Environmental Product Declaration (EPD).

Dokumen EPD yang berisi dampak lingkungan dari WS ini sekaligus menegaskan komitmen PAI terhadap keberlanjutan dengan menyediakan alternatif yang secara signifikan mengurangi penggunaan pestisida, aman dan ramah lingkungan, serta memiliki jejak karbon yang rendah.

Sesi kedua, ditujukan bagi petugas lapangan dan pekerja penyemprotan, berfokus pada pemberian pengetahuan seputar praktik terbaik dalam penggunaan pestisida secara bijaksana. Tujuannya adalah untuk membekali para pekerja garis depan dengan informasi penting agar mereka dapat bekerja dengan aman dan meminimalkan dampak lingkungan dari aktivitas mereka.

Sebagai perusahaan dengan visi menciptakan sektor pertanian yang lebih berkelanjutan,PAI terus mendorong praktik pertanian berkelanjutan. Mereka menawarkan solusi inovatif yang mampu mengurangi dampak negatif dari aktivitas pertanian, sekaligus memastikan masa depan pertanian yang lebih sehat bagi pekerja dan lingkungan.

Head of Department Sustainability Wilmar Region Kalimantan Sarimanah mengatakan, WEED Solut-ioN®️ sebagai pengurang herbisida memberikan kontribusi signifikan terhadap aspek sustainability di perusahaan. ”Produk ini ramah lingkungan, mendukung upaya perlindungan kesehatan pekerja, dan turut mengurangi emisi karbon karena secara substansial mengurangi penggunaan herbisida, yang tentunya selaras dengan komitmen Wilmar terhadap praktik sustainability," ujarnya.

Dengan kegiatan ini peserta memperoleh wawasan mengenai potensi risiko dari penggunaan pestisida yang tidak hati-hati. Termasuk informasi mengenai praktik penyemprotan bahan kimia secara bertanggung jawab.

Sarimanah menuturkan, kegiatan ini sangat membantu dalam memberikan pengetahuan yang lebih mendalam tentang bahaya pestisida terhadap kesehatan dan lingkungan kepada para pekerja operasional di lapangan. ”Melalui edukasi ini, diharapkan mereka menjadi lebih sadar akan dampak penggunaan pestisida dan lebih memahami cara menjaga aspek keberlanjutan dalam operasional perkebunan,” ungkapnya.
(poe)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1476 seconds (0.1#10.140)