Menteri Pembangunan Inggris ke Indonesia, Perkuat Kerja Sama Transisi Energi hingga Iklim

Selasa, 17 September 2024 - 17:28 WIB
loading...
Menteri Pembangunan...
Inggris berkomitmen bekerja sama dengan Indonesia guna mencapai tujuan pembangunan bersama. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Inggris untuk Pembangunan, Perempuan, dan Kesetaraan Anneliese Dodds mengunjungi Indonesia pada 16-19 September 2024. Dodds menekankan komitmen Inggris dalam bekerja sama dengan Indonesia guna mencapai tujuan pembangunan bersama.

"Saya senang berada di Indonesia untuk kunjungan pertama saya ke Asia sebagai Menteri Pembangunan Internasional. Indonesia memiliki perekonomian yang berkembang pesat dan memainkan peran penting dalam mengatasi tantangan global seperti krisis iklim," kata Dodds dalam keterangan Selasa (17/9/2024)



"Program kemitraan kami dengan Indonesia terkait iklim, kehutanan, dan transisi energi semakin kuat," tambahnya

Menteri Dodds bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia Pahala Mansury, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar hari ini.

Dia juga akan bertemu dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia besok untuk membahas kemitraan bilateral dalam mengatasi krisis iklim, kehutanan, transisi energi, dan agenda pembangunan internasional yang lebih luas.

Dodds juga menandatangani Nota Kesepahaman antara Inggris dan Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) terkait kerja sama pembangunan.

Dia juga akan melakukan kunjungan lapangan ke Makassar, Sulawesi Selatan untuk berinteraksi dengan pemerintah daerah dan menunjukkan dukungan Inggris dalam meningkatkan pembiayaan inovatif bagi iklim dan pembangunan, melalui Ecological Fiscal Transfers (EFT) di tingkat desa/masyarakat.

"saya yakin kami dapat terus membangun kemitraan jangka panjang. Kemitraan kami dengan Indonesia dan ASEAN merupakan bagian penting dari komitmen Inggris untuk mengatur kembali hubungan kami dengan Negara-negara Berkembang. Pemerintah Inggris berkomitmen untuk menempatkan perempuan dan anak perempuan di jantung misi pembangunan kami," ujarnya

Ia menambahkan, pihaknya ingin belajar lebih banyak lagi tentang apa yang dapat dlakukan dengan Indonesia. Dalam pemberdayaan perempuan dan anak Perempuan serta melalui program Inggris-ASEAN di bidang pendidikan demi perdamaian dan keamanan regional.



"Tahun ini, kita merayakan 75 tahun hubungan diplomatic dengan Indonesia, Inggris akan terus membangun kerja sama yang erat dengan Indonesia untuk meningkatan kemakmuran dan ketahanan bagi rakyat dan planet kita, serta perdamaian abadi bagi masa depan kita bersama." Pungkasnya
(fch)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0988 seconds (0.1#10.140)