alexametrics

Maskapai Dunia dengan Kecelakaan Terbanyak

loading...
Maskapai Dunia dengan Kecelakaan Terbanyak
Kecelakaan pesawat terbang komersial masih menjadi pekerjaan rumah besar dunia penerbangan. Pesawat baru bukan jaminan keselamatan dan bebas dari kecelakaan. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
KECELAKAAN pesawat terbang komersial masih menjadi pekerjaan rumah besar dunia penerbangan. Ada anggapan kalau pesawat terbang baru dengan mesin bagus, lebih aman ketimbang pesawat tua. Padahal, pesawat baru bukan jaminan keselamatan dan bebas dari kecelakaan. Baru atau lama bukan masalah, asalkan masih laik terbang. Berikut maskapai dengan jumlah kecelakaan tertinggi sejak 1920 hingga 2018.

1. United Airlines
Maskapai Dunia dengan Kecelakaan Terbanyak
Rata-rata penerbangan : 150.295Jumlah kecelakaan : 17 kali*
United Airlines merupakan anak perusahaan utama dari United Continental Holdings yakni maskapai penerbangan utama di Amerika Serikat (AS) berkantor pusat di Chicago. Pada 1 Februari 2006, United berhasil keluar dari perlindungan terhadap kebangkrutan yang dialaminya sejak 9 Desember 2002, menjadi kasus kebangkrutan maskapai terbesar dan terlama dalam sejarah.

2. KLM Royal Dutch Airlines
Maskapai Dunia dengan Kecelakaan Terbanyak
Rata-rata penerbangan : 23.110Jumlah kecelakaan : 17 kali
KLM adalah maskapai penerbangan nasional Belanda yang operasinya berpusat di Bandara Schipol, Amsterdam. Sejak Mei 2004, KLM bergabung dengan Air France membentuk Air-France-KLM. Namun, kedua maskapai tetap terbang dengan merek mereka masing-masing. Didirikan pada 1919, KLM adalah maskapai penerbangan tertua yang masih beroperasi hingga saat ini dengan nama yang sama.



3. Americans Airlines

Maskapai Dunia dengan Kecelakaan Terbanyak


Rata-rata penerbangan : 195.139Jumlah kecelakaan : 11 kali
American Airlines (AA) adalah maskapai penerbangan besar asal AS yang berkantor pusat di Texas. AA merupakan maskapai penerbangan terbesar di dunia jika dilihat dari jumlah armada dan pendapatannya. Merupakan maskapai penerbangan terbesar kedua di dunia jika dilihat dari jumlah destinasinya, setelah United Airlines.

4. British Airways

Maskapai Dunia dengan Kecelakaan Terbanyak


Rata-rata penerbangan : 32.385
Jumlah kecelakaan : 11 kali
British Airways adalah salah satu maskapai terbesar di Inggris Raya dan penerbangan trans-Atlantik Eropa. British Airways pusat operasinya berada di Bandara Heatrow London dan Gatwick.

5. Aeroflot
Maskapai Dunia dengan Kecelakaan Terbanyak
Rata-rata penerbangan : 30.078Jumlah kecelakaan : 11 kali
Aeroflot adalah maskapai penerbangan nasional terbesar di Rusia. Maskapai yang didirikan pada 9 Februari 1923 ini dulunya adalah perusahaan penerbangan milik Uni Soviet dimana operasionalnya berada di Bandara Sheremetyevo Moskow. Sejak jatuhnya Uni Soviet, maskapai ini bertransformasi dari perusahaan negara menjadi maskapai campuran (semi-privatisasi)

6. Air France
Maskapai Dunia dengan Kecelakaan Terbanyak
Rata-rata penerbangan : 29.237Jumlah kecelakaan : 8 kali
Air France adalah maskapai nasional terbesar di Prancis. Sejak awal pendiriannya pada 1933, maskapai ini telah berkembang sebagai maskapai terbesar dunia yang didukung pengembangan ekonomi Prancis yang menghubungkan daerah jajahan di Afrika, Afrika, Karibia dan Kepulauan Polinesia di Pasifik.

7. Aerolineas Argentinas
Maskapai Dunia dengan Kecelakaan Terbanyak
Rata-rata penerbangan : 10.789Jumlah kecelakaan : 6 kali
AerolĂ­neas Argentinas adalah maskapai nasional asal Argentina. Maskapai yang berulangtahun setiap bulan Mei ini dinilai sebagai maskapai yang sukses menghadapi berbagai guncangan, baik secara ekonomi maupun manajemen. Kini AerolĂ­neas menjadi grup maskapai yang terintegrasi kedalam Aliansi SkyTeam.

8. All Nipon Airways

Maskapai Dunia dengan Kecelakaan Terbanyak


Rata-rata penerbangan : 38.247Jumlah kecelakaan : 5 kali
All Nippon Airways (ANA) adalah maskapai penerbangan nasional Jepang yang berkantor pusat di kawasan Shiodome, Tokyo. Pada 1986, ANA mulai mengembangkan sayap dari maskapai penerbangan domestik menjadi maskapai penerbangan internasional. Pada 1 Februari 2012, ANA mengumumkan rencana merger dengan Air Nippon untuk dijadikan ANA pada bulan April 2012 dan perubahan struktur ANA menjadi perusahaan holding pada 1 April 2013.

9. Czech Airlines

Maskapai Dunia dengan Kecelakaan Terbanyak


Rata-rata penerbangan : 2.712
Jumlah kecelakaan : 5 kali
Czech Airlines merupakan maskapai penerbangan nasional milik Republik Czechoslovakia. Maskapai ini sebelumnya sempat mengalami ketidakefektifan manajemen dalam operasionalnya. Maskapai ini kemudian melakukan public offering dengan tujuan menarik investor dengan melakukan restrukturisasi IPO. Korean Air melakukan pembelian saham sebesar 44% yang dilaksanakan di Bursa Saham Praha.

10. United Arab Airlines

Maskapai Dunia dengan Kecelakaan Terbanyak


Rata-rata penerbangan : 178
Jumlah kecelakaan : 5 kali
Merupakan maskapai dari negara-negara di Timur Tengah mulai dari Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Lebanon. Beberapa maskapai yang terkenal di antaranya Ettihad Airways, Emirates dan Saudi Arabian Airlines.

Sumber: Aviation Safety Network & OAG
*Data kecelakaan adalah kecelakaan pesawat yang usianya di bawah 24 bulan
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak