Mendorong UMKM Koperasi Naik Kelas lewat Pemanfaatan E-commerce

Senin, 23 September 2024 - 12:05 WIB
loading...
Mendorong UMKM Koperasi...
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tergabung dalam Koperasi Tangguh Berkibar Tangsel diharapkan dapat naik kelas dan bekerja sama dengan berbagai pihak serta memanfaatkan e-commerce. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah ( UMKM ) yang tergabung dalam Koperasi Tangguh Berkibar Tangerang Selatan (Tangsel) diharapkan dapat naik kelas dan bekerja sama dengan berbagai pihak serta memanfaatkan e-commerce sebagai sarana penjualannya. Harapan tersebut disampaikan Pembina Koperasi UMKM Tangguh Berkibar Tangsel, Ancilla Yanny Irmella.



Diterangkan oleh Ancilla Yanny Irmella bahwa, Pameran China International E-Commerce Industry Expo dan Indonesia E-Commerce Product Sourcing Exhibition (CIEIE EPSE 2024) yang digelar di JIEXPO Kemayoran, Hall A, Jakarta, pada 19-21 September 2024, tidak sekadar tempat bagi perusahaan China untuk menampilkan produk unggulan mereka, tetapi juga bertujuan mendorong pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia.

Sejumlah booth UMKM dari berbagai daerah turut serta memeriahkan pameran yang diorganisasi oleh China Council for the Promotion of International Trade (CCPIT) tersebut, salah satunya Koperasi UMKM Tangguh Berkibar Tangerang Selatan.

"Acara CIEIE EPSE 2024 ini tentu sebagai wadah bagi perusahaan atau pengusaha China menampilkan produk mereka di Indonesia. Tetapi selain itu, kita sebagai pelaku ekonomi lokal khususnya UMKM Indonesia juga dapat memperkenalkan produk-produk asli Indonesia. Apalagi jika UMKM Indonesia bisa mengembangkan market produk mereka," ujar Ancilla dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/9/2024).



Melalui acara CIEIE EPSE 2024 ini, Ancilla berharap UMKM Indonesia dapat naik kelas dan bekerja sama dengan berbagai pihak serta memanfaatkan e-commerce sebagai sarana penjualannya.

"UMKM yang tergabung dalam Koperasi Tangguh Berkibar Tangsel tentunya diharapkan dapat naik kelas dengan wawasan baru tentang e-commerce. Kalau mereka paham dan memanfaatkan e-commerce sebagai sarana penjualannya, saya yakin UMKM kita tidak hanya dikenal di Indonesia saja, melainkan Asia Tenggara atau bahkan dunia," kata Ancilla.

Menurut Ancilla, acara CIEIE EPSE 2024 ini dapat menjadi ajang bagi para pelaku UMKM di Indonesia untuk menjalin kerja sama bisnis baru dengan pengusaha asal China yang berpartisipasi dalam pameran ini. "Harapannya hubungan dagang yang strategis antara Indonesia-Tiongkok juga dapat terus terjalin dengan erat," ujarnya.

CIEIE EPSE 2024 dibuka oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia Vinsensius Jemadu, didampingi oleh Secretary of CPC Branch CCPIT Commercial Sub-council Ren Guiying, Chief Representative CCPIT Representative Office in Indonesia Li Feng, serta Jason Xiong Director of Departement Convention Exhibition CCPITCommersial Sub-Counsil.

Turut hadir dalam acara pembukaan di antaranya Anggota DPRD DKI Jakarta Kevin Wu yang juga Wakil BAPEPAM KADIN, CEO & Founder EL JOHN Indonesia Martinus Johnnie Sugiarto, Ketua Harian ICBC Ali Husein, Wakil Ketua Harian ICBC Hasan Kosasih, Abraham Rudy, Helga Tjam, Rizky Diansyah BPP HIPMI, Alvin Kennedy Rajiv Maulana Eka, dan sejumlah pengurus PSMTI.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)