Jokowi Buka-bukaan: Membangun Ibu Kota Negara Ternyata Sangat Rumit

Rabu, 25 September 2024 - 10:04 WIB
loading...
Jokowi Buka-bukaan:...
Jokowi menyadari bahwa pembangunan Ibu Kota Negara ternyata sangat rumit. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pemindahan aparatur sipil negara (ASN), harus melalui berbagai perhitungan. Mulai dari tempat tinggal hingga sekolah untuk anak-anak.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam sambutannya pada peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan D'PrimaHotel Nusantara, IKN, Kalimantan Timur, pada hari ini Rabu (25/9/2024).

Baca Juga: Groundbreaking Teras Hutan IKN, Jokowi: Sediakan Venue dan Dining Berkelas Dunia

"Kita mau memindahkan PNS kita, ASN kita ke sini aja kita semuanya harus berhitung. Tidurnya di mana, anak-anaknya sekolah di mana, kalau sakit rumah sakitnya siap atau tidak siap. Sabtu Minggu kalau weekend anak-anak diajak bermain ke mana," kata Jokowi dalam sambutannya.

"Inilah ekosistem yang ingin kita bangun agar betul-betul nanti berjalan dalam kehidupan sehari-hari seperti ibukota-ibukota negara lainnya," tambahnya.

Jokowi juga menekankan bahwa membangun sebuah ibu kota negara sangat rumit. Menurutnya bukan hal mudah dan banyak hambatan.

"Membangun rumah saja begitu sangat rumitnya, apalagi ini membangun sebuah ibukota negara, negara sebesar Indonesia, bukan sesuatu yang gampang bukan sesuatu yang mudah. Tantangannya banyak hambatannya juga banyak," kata Jokowi.

Baca Juga: Landing Perdana di Bandara IKN, Jokowi: Mulus Banget Sih Turunnya

Jokowi juga menceritakan dirinya yang telah melakukan pendaratan perdana di Bandara Nusantara. Dia meyakini, bandara yang akan selesai pembangunannya pada akhir Desember itu dapat berdampak kepada ekonomi di IKN.

"Tapi saya meyakini dengan kemarin sudah dibukanya airport Nusantara, sudah saya coba sendiri turun di runaway yang meskipun belum maksimal akan selesai nanti di bulan Desember, saya melihat bahwa prospek dari sisi ekonomi, bisnis di ibukota Nusantara ini sangat terbuka lebar," kata Jokowi.

Jokowi menyebut pembangunan D'PrimaHotel Nusantara akan melengkapi dan memberikan variasi pilihan-pilihan hotel bagi masyarakat yang akan ke ibu kota Nusantara.

"Saya sangat mengapresiasi hotel d'prima hotel ini, budget hotel yang akan memiliki 154 kamar dengan investasi Rp100 miliar. Kita harapkan segera selesai tadi Pak Frans menyampaikan kepada saya setahun Pak selesai, kerja ya seperti itu jangan bertahun-tahun, setahun, 8 bulan 9 bulan itu baru kerja," katanya.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0894 seconds (0.1#10.140)