Diserang DPR Buka Ekspor Benih Lobster, Edhy Prabowo Ngeles Ingin Bantu Nelayan

Kamis, 27 Agustus 2020 - 22:34 WIB
loading...
Diserang DPR Buka Ekspor Benih Lobster, Edhy Prabowo Ngeles Ingin Bantu Nelayan
Menteri KKP Edhy Prabowo. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo menangkis serangan kritikan dari anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Yohanis terkait kebijakan membuka kran ekspor benih lobster yang mayoritas disebar ke Vietnam. Menurut Edhy, kebijakan ekspor benih kobster ini dapat menggerakkan ekonomi nelayan di daerah. Selain itu juga, membuat nelayan yang mendapat pekerjaan.

"Semangat pemberian izin ini kalau dirasakan di nelayan-nelayan di daerah selatan Jawa itu ekonomi-ekonomi sudah mulai tumbuh. Mereka yang tadinya nganggur ikut ngambil lobster. Kita disini juga ada progam yang mana membudiyakan nelayan," ujar Edy di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (27/8/2020).



Dia mengatakan benih lobster yang diekspor dijual Rp15.000 per ekor itu hanya bersifat sementara. Pasalnya penentuan penjualan budidaya lobster agar menghindari kecurangan nelayan yang memanfaatkan kebijakan benih lobster.

"Di sini kita naikan harganya agar tidak atau mungkin ada yang curi-curi silakan saja mereka main kucing-kucingan tapi saya yakin cepat atau lambat akan ketauan,"katanya.



Sebelumnya, Yohanis mengatakan ekspor benih lobster disebut hanya menguntungkan pengusaha, bukan nelayan. "Mohon maaf saya harus mengatakan ini di sisi lain eksportir benih lobster ini untung gila-gilaan padahal dalam kesempatan sebelumnya kita diskusi semangat permen ini bicara ekspor benih lobster ini semangatnya budi daya lobster. 2% pun budidaya yang dilepas itu menurut saya masih sangat rendah," tandasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2143 seconds (0.1#10.140)