Bank Indonesia Dorong Literasi Publik Menuju Indonesia Maju

Sabtu, 30 November 2019 - 09:41 WIB
Bank Indonesia Dorong Literasi Publik Menuju Indonesia Maju
Bank Indonesia Dorong Literasi Publik Menuju Indonesia Maju
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) melalui Pojok Baca BI (BI Corner) mendorong peran aktif masyarakat untuk meningkatkan literasi publik menuju Indonesia Maju. Pojok Baca BI (BI Corner) didirikan sebagai wadah untuk membangun kedekatan antara masyarakat dengan BI, sekaligus sebagai sarana penyampaian kebijakan BI.

Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti, mengatakan penghargaan 12 BI Corner 2019 di tingkat nasional dengan kategori perguruan tinggi, SMA/sederajat, umum, serta Pojok Baca dan Dongeng (PBD) PAUD. Penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi para pengelola BI Corner mendorong kinerja dan menjaga keberlangsungan BI Corner guna meningkatkan Indeks Pembangungan Manusia (IPM) Indonesia.

"Kegiatan edukasi dan literasi publik memiliki makna penting bagi kontribusi BI secara nyata," ujar Destry di Jakarta, Sabtu (30/11/2019).

Dia melanjutkan dalam peningkatan literasi publik, termasuk didalamnya literasi keuangan, akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang nyata dan berkualitas.

"Komunikasi yang terjalin antara BI dan masyarakat diharapkan dapat membangun ekosistem yang mampu menciptakan dukungan seluruh pemangku kepentingan, termasuk masyarakat umum, terhadap berbagai kebijakan yang ditempuh BI," katanya.

BI Corner merupakan program pembangunan/pengembangan sarana perpustakaan mini yang didesain dengan memperhatikan kenyamanan dan memberikan ketertarikan kepada pengunjung, serta penyediaan akses informasi dan literatur berkualitas dalam bentuk cetak maupun e-book, dari dalam dan luar negeri. BI Corner telah diinisiasi oleh Bank Indonesia sejak tahun 2015 sebagai bagian dari tema unggulan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), yaitu Indonesia Cerdas.

BI Corner diimplementasikan di tingkat universitas, instansi pendidikan, perpustakaan daerah, dan instansi lainnya. Penghargaan BI Corner diberikan sebagai bentuk apresiasi dan motivasi seluruh pengelola BI Corner di Indonesia serta sebagai sarana membangun engagement yang lebih kuat antara BI dengan lembaga penerima manfaat.

Pemberian penghargaan mempertimbangkan berbagai indikator penilaian yang mencakup pemeliharaan fisik BI Corner, manajemen pengelolaan, komitmen kebijakan lembaga penerima program, publikasi, kegiatan aktivasi dan jejaring/kerja sama yang dilakukan lembaga, dampak BI Corner terhadap institusi dan pengguna, serta komitmen lembaga untuk membantuk peran dan tugas BI.

Penghargaan BI Corner 2019 merupakan ajang kedua yang diselenggarakan BI dan diikuti 722 unit BI Corner dan 183 unit PBD PAUD. Pada tahun 2020, BI menargetkan 1.000 BI Corner di seluruh level pendidikan dan fasilitas publik strategis. Untuk keberlangsungan program, telah dilakukan berbagai kegiatan aktivitas, antara lain kegiatan seminar, sosialisasi, resensi buku, speech contest, berbagai lomba, dan kegiatan lainnya.

Ke depan melalui berbagai program aktivasi yang diselenggarakan BI Corner, diharapkan dapat memperkuat posisi BI Corner sebagai sarana pembelajaran dan pusat penelitian bagi mahasiswa/pelajar dan masyarakat umum. Hal ini sejalan dengan langkah BI untuk memberikan dukungan yang lebih nyata dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di masyarakat.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6805 seconds (0.1#10.140)