Dilibatkan Pemilihan Calon Direksi Garuda, Ini Kriteria dari Budi Karya

Rabu, 11 Desember 2019 - 22:36 WIB
Dilibatkan Pemilihan Calon Direksi Garuda, Ini Kriteria dari Budi Karya
Dilibatkan Pemilihan Calon Direksi Garuda, Ini Kriteria dari Budi Karya
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan akan melibatkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam pemilihan direksi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Untuk saat ini, Kementerian BUMN telah menunjuk pelaksana tugas untuk operasioanl Garuda Indonesia, menggantikan lima direksi yang telah diberhentikan akibat menyelundupkan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton.

"Saya sudah dapat informasi soal perubahan direksi sementara Garuda Indonesia. Untuk sementara dijabat pelaksana tugas. Secara hukum itu dimungkinkan. Nanti pada saatnya RUPSLB, Kementerian BUMN akan koordinasi dengan kami," ujar Budi Karya di Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Budi Karya lantas memberikan beberapa kriteria untuk calon Direktur Utama Garuda Indonesia. Pertama harus mengutamakan aspek keselamatan penumpang. Selanjutnya dapat meningkatkan kinerja perseroan.

"Ada beberapa kriteria dari Kemenhub, seperti berkaitan dengan keselamatan dan kinerja perusahaan. Kami akan terus koordinasi dengan Kementerian BUMN soal RUPS direksi dan program-program yang harus dilakukan," jelasnya.

Sebagai informasi direksi Garuda Indonesia yang diberhentikan adalah Direktur Operasi Bambang Adisurya Angkasa, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Mohammad Iqbal, Direktur Teknik dan Layanan Iwan Joeniarto, dan Direktur Human Capital Heri Akhyar.

Selanjutnya, untuk menjaga kelangsungan operasional, Dewan Komisaris menunjuk Fuad Rizal sebagai Plt Direktur Operasi dan Plt Direktur Teknik dan Layanan, disamping melaksanakan tugas sebagai Plt Dirut dan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko sampai dengan penetapan secara definitif oleh RUPS.

Selain itu, Dewan Komisaris juga menunjuk Pikri Ilham Kurniansyah sebagai Plt Direktur Human Capital dan Plt Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha merangkap Direktur Niaga.

Selanjutnya, para Plt tersebut telah menunjuk pelaksana harian (Plh) untuk bidang masing-masing, yakni Captain Tumpal Manumpak Hutapea sebagai Pejabat Direktur Operasi, Pejabat Direktur Teknik dan Layanan Mukhtaris, Pejabat Direktur kargo dan Pengembangan Usaha Joseph Dajoe K Tendean, dan Captain Arya Perwira Adileksana sebagai Pejabat Direktur Human Capital.

Dewan Komisaris telah menyampaikan permintaan kepada Direksi Garuda agar segera menyelenggarakan RUPS untuk mengukuhkan pemberhentian sementara waktu anggota-anggota dewan direksi tersebut sesuai ketentuan perundangan-undangan.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8265 seconds (0.1#10.140)