alexametrics

Jelang Natal dan Tahun Baru, BI Banten Siapkan Uang Rp2,5 Triliun

loading...
Jelang Natal dan Tahun Baru, BI Banten Siapkan Uang Rp2,5 Triliun
BI siapkan kebutuhan uang menyambut momen libur Natal dan Tahun Baru 2020. Foto/SINDOnews
A+ A-
SERANG - Kantor Perwakilan wilayah (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten menyiapkan kebutuhan uang kartal pecahan kecil dan uang elektronik sebanyak Rp2,5 triliun pada momen libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Kepala KPw Bank Indonesia Provinsi Banten, Erwin Soeriadimadja, mengatakan uang tersebut disiapkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di akhir tahun.

"Kami perkirakan jumlah kebutuhannya antara Rp2 triliun sampai dengan Rp2,5 triliun. Ini jumlah yang cukup bagi Bank Indonesia untuk menyediakan kebutuhan uang tunai bagi masyarakat," kata Erwin kepada wartawan di Serang, Rabu (11/12/2019).



Penyediaan uang tunai pada Nataru tahun ini meningkat sekitar Rp400 miliar dari tahun sebelumnya. Tahun 2018, BI Banten menyiapkan Rp1,8 triliun sampai Rp2,1 triliun. Namun realisasinya hanya Rp1,9 trilun.

"Prediksi kami, puncak arus uang kartal keluar kepada perbankan terjadi dari tanggal 16 Desember dan puncaknya pada 20 Desember 2020," ujarnya.

Lebih lanjut, Erwin mengatakan dalam pemenuhan kebutuhan uang tunai dan penukaran uang receh di masyarakat tahun ini, BI Banten bersinergi dengan 11 bank di Provinsi Banten yaitu BNI, BRI, Mandiri, BJB, Bank Banten, Bank Tabungan Negara, Bank Central Asia, Bank Mandiri Syariah, Bank Rakyat Indonesia Syariah, Bank Permata, dan Bank UOB.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarkat agar berbelanja lebih bijak menjelang libur hari raya keagamaan dan akhir tahun. Masyarakat diharapkan dapat berbelanja dengan bijak dan tidak berlebihan.

Ada empat empat kiat belanja bijak yang disampaikan Kepala Perwakilan yaitu pertama, berbelanja sesuai kebutuhan; kedua, membuat daftar belanja yang dibutuhkan bukan diinginkan; ketiga, berbelanja bahan makanan pengganti bila barang yang dicari harganya mahal dan yang keempat, tidak menimbun barang atau makanan.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak