30 Negara Siap Unjuk Gigi di KTT BRICS Rusia, di Mana Posisi Indonesia?

Senin, 07 Oktober 2024 - 07:34 WIB
loading...
30 Negara Siap Unjuk...
Presiden Rusia Vladimir Putin berpidato dalam Forum Parlemen BRICS di St.Petersburg, Rusia, 11 Juli 2024. FOTO/AP Photo
A A A
JAKARTA - Konferensi Tingkat Tinggi ( KTT BRICS ) tinggal tiga minggu lagi. Sejumlah negara yang tertarik untuk bergabung dengan blok tersebut baru-baru ini telah mengkonfirmasi partisipasi mereka.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov mengungkapkan, 30 negara akan menghadiri KTT tersebut dengan beberapa negara mengharapkan undangan untuk secara resmi bergabung dengan aliansi tersebut.

Secara khusus, Ryabkov mengatakan bahwa 30 delegasi telah mengkonfirmasi keikutsertaan mereka dan keanggotaan negara-negara baru dapat dipertimbangkan. Ini termasuk beberapa negara dari Asia, Afrika, dan kawasan Timur Tengah.



Menurut dia Turki juga akan hadir setelah mengajukan permohonan resmi untuk bergabung dengan BRICS bulan lalu. Aliansi BRICS memberikan harapan bagi negara-negara berkembang, yang ingin melepaskan diri dari dolar AS. Negara-negara berkembang menghadapi tantangan karena harus menanggung beban dolar AS.

Negara-negara berkembang ingin menggunakan mata uang lokal untuk perdagangan sebagai upaya memperkuat ekonomi asli mereka. Namun, dolar AS menghambat potensi pertumbuhan mereka. Oleh karena itu, negara-negara ini sekarang melihat ke depan menuju KTT yang akan datang sebagai potensi untuk keluar dari pelemahan dolar AS.



Melansir dari Watcher Guru, KTT BRICS dijadwalkan akan diselenggarakan pada 22-24 Oktober 2024 di Kazan, Rusia. Menu diskusi akan dibahas mengenai kelanjutan dedolarisasi, pengembangan mata uang BRICS, dan berapa banyak negara yang akan terlibat dalam perluasan ini.

Menteri Luar Negeri Belarus Maxim Ryzhenkov baru-baru ini mengungkapkan bahwa BRICS berencana untuk menambah 10 negara pada KTT ke-16. Dia berharap Belarus akan menjadi salah satu dari 10 negara tersebut.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)