Emoh Campakkan Dolar, 1 Anggota BRICS Membelot ke AS

Rabu, 09 Oktober 2024 - 09:28 WIB
loading...
Emoh Campakkan Dolar,...
Para pemimpin China, Rusia dan India dalam sebuah pertemuan bilateral. FOTO/AP Photo/Flickr
A A A
JAKARTA - Anggota BRICS , India, membuat pengumuman besar tentang penggunaan dolar AS untuk perdagangan dan transaksi global. Pengumuman besar ini muncul ketika negara-negara berkembang ingin mengakhiri ketergantungan pada dolar AS untuk perdagangan lintas batas. Di tengah hiruk-pikuk dedolarisasi, India menegaskan bahwa mereka tidak akan secara aktif menargetkan dolar AS, dan ini bukan bagian dari kebijakan ekonomi nasional mereka.

Meskipun anggota-anggota BRICS memutuskan hubungan dengan dolar AS, India mengungkapkan bahwa mereka akan menyelesaikan perdagangan dengan menggunakan dolar AS. India tidak memiliki rencana untuk secara agresif mendorong agenda dedolarisasi dan akan menggunakan dolar AS untuk perdagangan dan transaksi global.



Menteri Luar Negeri India, S. Jaishankar, mengkonfirmasi bahwa India tidak akan secara aktif menargetkan dolar AS. Namun, negara ini akan secara pasif mencari opsi-opsi mata uang alternatif untuk menyelesaikan perdagangan dengan negara-negara yang tidak menerima dolar AS.

Oleh karena itu, India akan membayar dengan mata uang lokal untuk anggota-anggota BRICS seperti Rusia dan China, antara lain, dan bukan dengan dolar AS. Dengan negara-negara lain, USD akan menjadi cara pembayaran pertama.

"Apa yang akan saya sampaikan adalah kekhawatiran yang wajar di sana. Kami sering kali memiliki mitra dagang yang tidak memiliki dolar untuk diambil. Jadi, kami sekarang harus melihat apakah kami tidak melakukan transaksi dengan mereka atau apakah kami menemukan beberapa penyelesaian yang berhasil. Jadi, tidak ada, saya dapat mengatakan niat jahat terhadap dolar AS dalam bisnis. Kami mencoba untuk melakukan bisnis kami," kata Jaishankar, dilansir dari Watcher Guru, Rabu (9/10/2024).



Pernyataan Menteri Luar Negeri ini muncul ketika India bersiap untuk menghadiri pertemuan BRICS. "Kami tidak pernah secara aktif menargetkan dolar AS. Hal ini bukanlah bagian dari kebijakan ekonomi atau kebijakan politik atau strategis kami. Beberapa negara lain mungkin pernah melakukannya,” ungkapnya. Sementara, KTT BRICS ke-16 dijadwalkan akan berlangsung di wilayah Kazan, Rusia pada 22-24 Oktober 2024.

(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0942 seconds (0.1#10.140)