Pendiri Tokopedia Ogah seperti Steve Jobs, William Tanuwijaya Cari Penerus

Jum'at, 28 Agustus 2020 - 17:52 WIB
loading...
Pendiri Tokopedia Ogah seperti Steve Jobs, William Tanuwijaya Cari Penerus
Founder Tokopedia William Tanuwijaya dikabarkan sedang mencari penerus untuk memimpin Tokopedia meski usianya belum genap menyentuh 39 tahun. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Founder Tokopedia William Tanuwijaya dikabarkan sedang mencari penerus untuk memimpin Tokopedia meski usianya belum genap menyentuh 39 tahun. William mengatakan bahwa sebagai seorang pemimpin, tugasnya adalah menciptakan sosok-sosok pemimpin yang lebih baik dari dirinya.

"Saya belajar dari kerajaan-kerajaan dulu, biasanya setelah beberapa generasi, mereka tumbang karena pertikaian di dalam," ujar William dalam Manager Forum XLIX MNC Group ke-49 bertajuk "Digital!! - Let's Boost The Digital Side" secara virtual di Jakarta, Jumat (28/8/2020).

(Baca Juga: Terinspirasi Tokopedia, HT Acungi Jempol kepada William Tanuwijaya )

Selain itu, dia juga belajar dari perusahaan-perusahaan teknologi yang tumbang karena sosok founder yang terlalu diidolakan. "Contoh Uber, foundernya sangat dikultuskan, dan ternyata perusahaannya tumbuh di atas kapasitas mereka dan mereka masih diidolakan, jadi mereka tidak bisa membangun kesuksesan itu. Bukan misi yang dijaga, tapi justru kekuasaan," ungkapnya.

William menyebutkan, hal itulah yang ingin dia hindari. Sudah menjadi institusi bahwa perusahaan tidak tergantung pada sosok pemimpin, tetapi pada misi yang diemban. Dia mencontohkan Jack Ma dari Alibaba, yang memberikan estafet kepemimpinan seiring pertumbuhan bisnisnya.

(Baca Juga: Dikagumi HT, Pendiri Tokopedia: Saya Jadi Pengusaha karena Kepepet )

"Saya tidak mau seperti Steve Jobs, yang mengharuskan mencari penerus dadakan karena sakit atau meninggal. Saya ingin seseorang yang lebih handal dan mampu membawa Tokopedia ke jenjang yang lebih baik dari masa saya," tutur William.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2711 seconds (0.1#10.140)