Seberapa Mengerikan jika Keruntuhan Dolar AS Terjadi? Ini Efeknya

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 07:39 WIB
loading...
A A A
Pada tahun kemarin, mantan penasehat CIA, James Rickards, yang juga bankir investasi mengatakan dorongan untuk mata uang baru yang dipelopori oleh kelompok BRICS+ akan mempengaruhi perdagangan dunia. Investasi asing langsung dan portofolio investor dengan cara yang dramatis dan tak terduga, dapat juga menyebabkan gejolak geopolitik.

Masuknya Arab Saudi menjadi kunci, lantaran negara ini membantu AS dalam mendorong mata uang dolar ke status hegemoni dunia melalui pembentukan sistem petrodolar.

Petrodolar

Petrodollar adalah istilah untuk menggambarkan sejumlah besar dolar yang tersedia dalam cadangan khusus untuk membeli minyak. Minyak diperdagangkan dalam dolar untuk menciptakan kesederhanaan dalam perdagangan internasional, tetapi juga karena alasan yang disebutkan di atas – penggunaan dolar AS secara paksa, dan dominasi umum ekonomi Amerika.

AS telah menempatkan minyak sebagai inti dari kebijakan luar negerinya, dengan kesepakatan de facto dengan Arab Saudi pada tahun 1975 yang mengonsolidasikan hal ini, memperdagangkan kontrak militer dan perlindungan militer senilai sekitar USD2 miliar untuk jaminan bahwa penjualan minyak dilakukan secara eksklusif dalam dolar.

OPEC juga diyakinkan segera setelah itu untuk menetapkan harga minyak mereka dalam dolar, dan selanjutnya, menginvestasikan kembali petrodolar surplus mereka ke dalam surat utang pemerintah AS, sebagai imbalan atas tingkat perlindungan militer dan ekonomi yang sama, yang selanjutnya memperkuat petrodolar.



Pergerakan terkini dari Arab Saudi menunjukkan bahwa dominasi petrodolar mungkin akan ditantang untuk pertama kalinya. Mungkinkan ini menjadi pertanda dolar AS akan kehilangan posisi teratas.
(akr)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1161 seconds (0.1#10.140)