Eksplorasi Migas Jadi Jawaban di Tengah Krisis Energi?

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 11:46 WIB
loading...
A A A
Indonesia Exploration Forum 2024 telah membahas 4 (empat) hal yang menjadi kunci keberhasilan penemuan sumber migas yang baru yaitu:

1. Percepatan Eksplorasi Wilayah Frontier
Memanfaatkan teknologi canggih untuk mengeksplorasi wilayah-wilayah baru yang belum terjamah. SKK Migas telah menargetkan percepatan eksplorasi di cekungan-cekungan yang belum berkembang, dengan harapan menemukan cadangan migas baru yang signifikan.

2. Infrastructure Led Exploration (ILX)
Merupakan strategi eksplorasi yang memanfaatkan infrastruktur migas yang sudah ada, seperti jaringan pipa dan fasilitas pemrosesan, untuk mendukung eksplorasi di area sekitar. Dengan memanfaatkan infrastruktur yang sudah ada, kita dapat menekan biaya dan mempercepat produksi. ILX menjadi langkah penting dalam akselerasi eksplorasi migas, khususnya di wilayah lapangan matang di Indonesia.

3. Kolaborasi dengan Investor dan Mitra Strategis
SKK Migas akan mendorong terwujudnya kegiatan yang dapat mempertemukan pemerintah dengan investor dalam dan luar negeri. Dengan terbukanya peluang investasi di sektor eksplorasi migas, Indonesia berharap dapat meningkatkan kerja sama dengan berbagai mitra strategis untuk mendorong percepatan eksplorasi dan produksi.

4. Inovasi Teknologi Eksplorasi
Teknologi terbaru telah pula dipresentasikan dan dipamerkan dalam IEF 2024 yang dapat mendukung eksplorasi yang lebih efisien dan tepat sasaran. Dari penggunaan drone hingga teknologi seismik canggih, inovasi ini akan menjadi kunci dalam menemukan cadangan migas baru.

Menjaga Masa Depan Energi Indonesia
Eksplorasi migas adalah langkah penting dalam perjalanan Indonesia menuju ketahanan energi yang lebih baik. Dengan sumber daya migas yang melimpah namun belum sepenuhnya tergarap, Indonesia memiliki peluang besar untuk meningkatkan produksi energi domestik dan menjaga masa depan energi yang lebih aman dan berkelanjutan. Tahun 2023 yang lalu, Indonesia menjadi negara yang sukses mendapatkan 2 (dua) giant discovery (penemuan besar) yaitu di Geng North Kalimantan Timur dan Layaran-1 di Lepas pantai Aceh. Komitmen investasi eksplorasi terus meningkat, merupakan bukti nyata masifnya pencarian cadangan migas baru di Indonesia. Tren investasi eksplorasi dalam 4 (empat) tahun terakhir terus meningkat. Jika tahun 2020 investasi eksplorasi sebesar US$ 0,5 miliar maka tahun 2023 sudah meningkat menjadi US$ 0,9 miliar dan tahun 2024 ditargetkan bisa mencapai US$ 1,8 miliar.

Menurut Sunjaya Eka Saputra, "Eksplorasi yang masif diharapkan dapat membuka potensi-potensi migas yang belum tergali di seluruh Indonesia." Dengan begitu, Indonesia tidak hanya akan mampu memenuhi kebutuhan energi dalam negeri, tetapi juga menjaga posisinya sebagai salah satu pemain utama di pasar energi global.
(ars)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0968 seconds (0.1#10.140)