14 Daerah Raih Trisakti Tourism Award 2019

Senin, 23 Desember 2019 - 20:29 WIB
14 Daerah Raih Trisakti Tourism Award 2019
14 Daerah Raih Trisakti Tourism Award 2019
A A A
JAKARTA - Sebanyak 14 daerah meraih penghargaan Trisakti Tourism Award 2019. Apresiasi yang diberikan kepada daerah yang dinilai berhasil mengembangkan destinasi wisata ini diharapkan kian memacu pengembangan destinasi di daerah agar semakin siap berkompetisi secara global.

"Penghargaan ini inisiatif awal untuk kerja profesional dan berkelanjutan," ujar pendiri sekaligus penggagas Trisakti Tourism Award Wiryanti Sukamdani pada acara penganugerahan Trisakti Tourism Award 2019 di Hotel Grand Sahid, Sudirman, Jakarta, Minggu (22/12/2019) malam.

Menurut Wiryanti, Trisakti Tourism Award merupakan penghargaan yang ditujukan kepada daerah sehingga bisa memotivasi dalam membangun pariwisata lebih baik lagi.

"Prosesnya dilakukan sejak tahun 2018 yang melibatkan tim kerja, pelaku pariwisata, asosiasi, akademisi, public relation dan membangun semangat selama satu tahun lebih hingga penilaian yang dilakukan oleh juri-juri handal," tuturnya.

Dalam melakukan penilaian, juri-juri yang terlibat yakni Sapta Nirwandar yang juga pernah menjabat Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2011-2014, praktisi ekowisata David Makes, pelaku usaha perjalanan Wisata Budi Tirtawisata, praktisi kebudayaan Ayu Dyah Pasha, praktisi wisata kuliner Siti Radarwati, dan praktisi pemasaran Hermawan Kartajaya.

Wiryanti sangat optimis terhadap pariwisata yang saat ini menjadi angin segar untuk Indonesia. Asalkan dilestarikan, potensi pariwisata tidak akan pernah habis bila dibandingkan sumber daya alam lainnya seperti minyak dan gas (migas).

"Melalui Trisakti Tourism Award diharapkan daerah semakin semangat dalam membangun pariwisata sebagai salah satu motor penggerak perekonomian Indonesia," lanjutnya.

Ketua Dewan Juri Sapta Nirwandar mengatakan, Trisakti Tourism Award adalah penghargaan yang ditujukan kepada daerah. Melalui ajang ini, otomatis daerah kian tergerak membangun pariwisata.

"Penilaian melalui video potensi wisata dalam satu kategori yang dipilih, survey langsung dan data sekunder. Ada 60 daerah yang mengajukan destinasi mana yang layak untuk ditampilkan. Bisa dibayangkan dari total 514 kabupaten/kota di Indonesia, jika setiap daerah punya satu unggulan maka akan ada 514 brand destinasi yang siap berkompetisi di dunia," bebernya.

Sementara itu, turut hadir pada malam penghargaan Trisakti Tourism Award, Presiden Indonesia ke-5 Megawati Soekarno Putri serta sejumlah menteri diantaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Gusti Ayu Bintang Darmawanti.

Megawati Soekarno Putri memandang bahwa penghargaan ini memiliki arti penting untuk masyarakat Indonesia apalagi kata Trisakti berkaitan erat dengan Pancasila dan Bung Karno sang proklamator.

"Masyarakat indonesia sebetulnya nurinya bergotong royong, tidak seperti orang barat yang menganut individualisme. Bung Karno mengatakan Trisakti pelaksanaannya gotong royong, berdaulat dalam politik, dan berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi," ucap Megawati.

Dia menegaskan Indonesia sangat kaya dan beragam sehingga membuat banyak negara luar yang ingin mengambil keberagaman itu. Belum lagi keindahan alam dan budaya Nusantara.

Megawati menyebut saat ini China dengan proyek Belt Road Initiative sedang giat mengembangkan Jalur Sutera baru. "Kita juga dulu punya Jalur Rempah, dan ini harus dibangkitkan lagi untuk pariwisata," tandasnya.

Terkait Trisakti Tourism Award 2019, berikut daftar daerah peraih penghargaan:

A. Kategori Wisata Bahari adalah:
Pemenang 1 : Kabupaten Raja Ampat
Pemenang 2 : Kabupaten Sumbawa
Pemenang 3 : Kabupaten Belitung

B. Kategori Ekowisata adalah:
Pemenang 1 : Kabupaten Banyuwangi
Pemenang 2 : Kabupaten Kulon Progo
Pemenang 3 : Kota Batu

C. Kategori Wisata Warisan Budaya adalah:
Pemenang 1 : Kabupaten Tabanan
Pemenang 2 : Kabupaten Sumba Barat Daya
Pemenang 3 : Kota Payakumbuh

D. Kategori Wisata Kuliner dan Belanja adalah:
Pemenang 1 : Kota Semarang
Pemenang 2 : Kota Surakarta
Pemenang 3 : Kota Medan

Penerima Special Recognition dari Dewan Juri adalah:
1. Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro)
2. Provinsi Sumatera Selatan
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6073 seconds (0.1#10.140)