alexametrics

Menperin Sebut Wabah Corona Belum Berdampak ke Ekspor Industri

loading...
Menperin Sebut Wabah Corona Belum Berdampak ke Ekspor Industri
Pemerintah menyatakan wabah virus corona belum berdampak pada ekspor industri Indonesia ke China. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, wabah virus corona belum berdampak pada ekspor industri Indonesia ke China.

"Memang ada yang mengkhawatirkan ekonomi di China sendiri secara signifikan melemah akibat dari virus corona ini. Itu yang harus kita lihat perkembangannya karena otoritas dari China sendiri belum bisa memastikan berapa lama inkubasinya," ujarnya di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Agus melanjutkan, pihaknya juga akan mewaspadai penyebaran virus corona melalui impor bahan baku atau bahan penolong industri yang diimpor dari China. "Nanti saya konfirmasi ke Menkes (Menteri Kesehatan) supaya mereka periksa semua barang-barang impor yang masuk dari China," tuturnya.



Menurut dia, apabila ada penutupan ekspor suatu negara ke China, itu tidak ada hubungannya dengan virus corona. Namun, apabila negara-negara tidak menerima ekspor dari China, kemungkinan ada hubungannya dengan virus corona.

"Jadi kalau penutupan ekspor suatu negara ke China itu pasti tidak ada hubungannya dengan virus. Itu pasti ada hubungannya dengan teori perdagangan, ekspor-impor, defisit neraca dagang," jelasnya.

Agus menambahkan, Indonesia tetap harus waspada terhadap penyebaran virus corona ini. Pemerintah sudah melakukan upaya-upaya untuk mencegah virus corona masuk ke Indonesia.

"Masalah virus corona ini jangan terlalu dibesar-besarkan tapi kita tetap harus waspada. Ini suatu hal yang kalau kita tidak tangani dengan baik tentu akan jadi masalah. Kita percayakan pada otoritas," tandasnya.
(ind)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak