Sri Mulyani Bilang Kuartal III Ekonomi RI Negatif, Resesi Dong?

Rabu, 02 September 2020 - 11:59 WIB
loading...
Sri Mulyani Bilang Kuartal III Ekonomi RI Negatif, Resesi Dong?
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menandaskan ekonomi RI pada kuartal III-2020 diprediksi bakal negatif. Nah, dengan proyeksi tersebut Indonesia tentunya masuk jurang resesi .

"Dengan bacaan dan analisa di kuartal II-2020 dan terutama aktivitas ekonomi, kami proyeksi tahun ini minus 1,1% hingga 0,2%. Lower end dari prediksi kita, menunjukkan bahwa mungkin di kuartal III-2020 masih negatif growth dan kuartal IV masih dalam zona sedikit di bawah netral," ujar Sri Mulyani di Gedung DPR, Rabu (2/9/2020).


Menurut dia ekonomi baru akan pulih tahun depan walaupun tak dipungkiri masih akan dipenuhi tantangan global. Pasalnya kondisi geopolitik masih belum kondusif. "Tahun depan 4,5-5,5% dan ini didasarkan momentum pemulihan terjaga, meski ketidakpastian terus terjadi," tuturnya.

Tidak hanya itu, ekonomi RI tahun depan juga tergantung akselerasi reformasi terutama di bidang struktural untuk meningkatkan produktivitas daya saing dan iklim investasi. Berikutnya, tergantung dari kemampuan fiskal di dalam mendukung program pemulihan ekonomi baik untuk pemulihan sisi demand dalam bentuk bansos dan bantuan langsung tunai (BLT) dan dari sisi supply dalam bentuk pemulihan sektor sektor produksi.

"Tentu tergantung juga dari trajectory pemulihan ekonomi global yaitu bagaimana terutama negara-negara maju baik di Amerika, Eropa, Jepang dan RRT untuk bisa mempengaruhi dan mengembalikan trajectory pemulihan ekonomi dunia," tandasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1755 seconds (0.1#10.140)