alexametrics

Jokowi Minta Siti Nurbaya Buat 17 Juta Persemaian Bibit di Ibu Kota Baru

loading...
Jokowi Minta Siti Nurbaya Buat 17 Juta Persemaian Bibit di Ibu Kota Baru
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar, mengatakan mendapatkan arahan dari Presiden Joko Widodo untuk membuat persemaian bibit yang permanen dan modern di ibu kota baru. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung, ia diminta untuk membuat persemaian bibit 15 juta hingga 17 juta bibit.

Persemaian sendiri merupakan tempat atau areal untuk kegiatan memproses benih (atau bahan lain dari tanaman) menjadi bibit atau semai yang siap ditanam di lapangan. Persemaian memiliki pengertian yang juga sama dengan kegiatan pembibitan.

Kegiatan di persemaian merupakan kegiatan awal di lapangan dari kegiatan penanaman hutan. Karena itu sangat penting dan merupakan kunci pertama dalam upaya mencapai keberhasilan penanaman hutan.



"Jadi saya diperintahkan untuk membuat persemaian bibit yang permanen modern dengan produksi 15-17 juta. Itu besar loh," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Menurut Siti Nurbaya, persemaian ini akan menjadi yang terbesar. Bahkan, persemaian yang ada di Cimanggis dan Bogor saja hanya mencapai 2 juta. Artinya hampir 8 kali lipat dengan yang akan dibuat di ibu kota baru.

"Karena persemaian bibit yang di Bogor dan Cimanggis saja, yang besar, hanya 2 juta," katanya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak