alexametrics

Indonesia Banyak Mengimpor Ikan Makarel dari China

loading...
Indonesia Banyak Mengimpor Ikan Makarel dari China
Ilustrasi ikan makarel. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan impor ikan dari China bukan termasuk komoditas yang dilarang pemerintah. Karena ikan impor dari China tidak dikategorikan sebagai pembawa virus corona. Ini berbeda dengan kebijakan pelarangan impor binatang hidup (live animal) dari China.

Setiap tahunnya, Indonesia banyak mengimpor produk perikanan dari China. Miris! Sebagai negara kepulauan dengan dua pertiga wilayah adalah lautan, dalam periode 2012-2018, volume impor produk perikanan Indonesia dari China rata-rata mencapai 79,09 ribu ton per tahun, dengan nilai USD74,38 juta.

Pengamat perikanan asal Institut Pertanian Bogor (IPB), Suhana, mengatakan impor ikan dari China sudah berlangsung lama. Dan jenis ikan yang paling banyak diimpor dari China ke Indonesia adalah ikan makarel.



"Kita banyak mengimpor ikan makarel dari China karena kita enggak punya ikan makarel," ujar Suhana saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Selain itu, banyaknya impor ikan karena masalah anomali cuaca yang membuat Indonesia terpaksa membuka keran impor. Hal ini harus segera diselesaikan agar neraca impor tidak terlalu lebar.

"Karena produksi ikan kita suka terganggu akibat cuaca buruk, jadi pasokan juga ikut menipis," katanya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak