Tinggalkan Pasar Indonesia, Asing Bawa Keluar Rp30,8 Triliun

Jum'at, 28 Februari 2020 - 15:40 WIB
Tinggalkan Pasar Indonesia, Asing Bawa Keluar Rp30,8 Triliun
Tinggalkan Pasar Indonesia, Asing Bawa Keluar Rp30,8 Triliun
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat terjadi aliran keluar modal asing atau nett outflow dari pasar keuangan Indonesia sebesar Rp30,8 triliun sepanjang Februari.

Adapun rinciannya terdiri dari outflow dari Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp26,2 triliun dan Rp4,1 triliun dari pasar saham. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, keluarnya dana asing ini dipicu mewabahnya virus corona di dunia.

"Investor global di seluruh negara memperkirakan dampak dari corona menyebar tidak hanya di Asia tapi juga Amerika dan Eropa," kata Perry di Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Dia menjelaskan, investor global dalam kondisi ini memiliki kecenderungan melepas investasi portofolio. Kejadian ini, sambung dia, tak terjadi di Indonesia saja, namun di berbagai negara seperti Korea Selatan, Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Perry menilai perilaku investor yang saat ini cenderung menarik investasi hanya sementara. "Jadi jika kekhawatiran virus corona berkurang, investor global akan kembali menaruh portofolionya di Tanah Air," jelasnya.

Sebagai informasi, secara tahun kalender terjadi aliran modal asing keluar sebesar Rp11 triliun pada SBN dan Rp1,6 triliun pada pasar saham. Sehingga total modal asing yang lari dari Indonesia secara year to date hingga kemarin mencapai Rp16 triliun.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8824 seconds (0.1#10.140)