Menteri Agus Anggap Pandemi Saat yang Pas untuk Kayuh Kinerja 'Industri Keringat'

Jum'at, 04 September 2020 - 20:18 WIB
loading...
Menteri Agus Anggap Pandemi Saat yang Pas untuk Kayuh Kinerja Industri Keringat
Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian berupaya meningkatkan kinerja industri alat olahraga agar semakin memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. Apalagi, di tengah kondisi pandemi ini, banyak masyarakat yang mulai giat berolahraga untuk menjaga kesehatannya.

“Kondisi pandemi saat ini menjadi peluang bagi industri alat olahraga untuk memacu produktivitasnya dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kemenperin dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga di Jakarta, Jumat (4/9/2020). ( Baca juga:Sri Mulyani Buka Mulut, Pemerintah Tak Mengutak-atik Kekuasaan di Kebon Sirih )

Pada kesempatan tersebut, Menperin mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan terkait dan seluruh masyarakat untuk dapat terus mengoptimalkan penggunaan produk hasil industri dalam negeri, termasuk alat olahraga. Upaya strategis ini dinilai mampu mengerek pertumbuhan ekonomi nasional di tengah tekanan dampak pandemi.

Ia juga memaparkan nilai ekspor alat olahraga pada 2019 mencapai Rp2,52 triliun. Sementara, pada periode Januari-Juli 2020 mencapai USD53 juta. Sedangkan, nilai impornya pada 2019 senilai Rp1,87 triliun. Dan impor pada periode Januari-Juli 2020 mencapai 79 juta dolar AS.

“Jadi ada surplus, ekspor kita didominasi oleh aksesoris olahraga seperti sarung tangan. Sedangkan impor didominasi oleh peralatan gimnastik dan peralatan memancing,” jelasnya.

Agus menambahkan alat olahraga buatan industri dalam negeri telah dapat diterima di pasar global seperti Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, dan Inggris. Tentu saja, karena kualitas produk dalam negeri tang tak kalah dengan produk negara lain. ( Baca juga:Enam Kandidat Lolos Tes Potensi Jubir KPK, 1 Orang Berasal dari LIPI )

“Maka itu, kita semua harus merajut rasa optimisme bahwa produk alat olahraga dalam negeri dapat bersaing di kancah domestik maupun internasional ,” tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)