Sandiaga Uno: Pebisnis Dituntut Jeli Melihat Perubahan Besar Cara Berdagang

Sabtu, 05 September 2020 - 16:11 WIB
loading...
Sandiaga Uno: Pebisnis Dituntut Jeli Melihat Perubahan Besar Cara Berdagang
Pengusaha Sandiaga Uno (kanan). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengusaha Sandiaga Uno memastikan pandemi Covid-19 akan mengubah secara besar-besaran perilaku manusia. Transformasi bisnis digital menjadi kunci utama menghadapi era peradaban baru.

Menurut Sandi pelaku usaha tidak lagi fokus pada hasil melainkan kontrol terhadap proses sehingga secara cepat akan meninggalkan cara bisnis lama yang fokus pada hasil."Sekarang terbalik, hasil dan kita biarkan pandemi ini menentukan proses beradaptasi," ujar Sandi dalam diskusi virtual, Sabtu (5/9/2020).



Disamping itu, perusahaan dituntut meningkatkan standar kesehatan dan keamanan lebih ketat lagi. Menurut dia jika dua hal itu tidak dijalankan maka bisnis yang dilakukan sulit untuk berkembang. Pasalnya, apabila perusahaan lalai terhadap tanggung jawab kesehatan pekerja maka akan banyak ditinggalkan oleh karyawannya.

"Kalau tidak selamat, tidak sehat, kita tentu akan menghindari semua kegiatan. Sekarang pokoknya kita dahulukan kesehatan kita," kata dia.

Selanjutnya terkait tranformasi pemasaran digital menjadi pilihan utama pelaku usaha dalam memasarkan produknya. Tanpa transformasi maka usaha yang dijalankan akan sulit berkembang utama bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Tidak hanya itu, digitalisasi bagi pelaku usaha juga membuat biaya lebih efisien. "Ini efisien sekali karena kita tidak perlu lagi naik pesawat jauh kemana-mana, naik mobil, penggunaan energi berkurang. Efisiensi meningkat secara drastis memotong begitu banyak biaya," ucapnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2079 seconds (0.1#10.140)