Sejumlah Negara Lakukan Lockdown, Harga Minyak Stabil

Rabu, 18 Maret 2020 - 10:59 WIB
Sejumlah Negara Lakukan Lockdown, Harga Minyak Stabil
Sejumlah Negara Lakukan Lockdown, Harga Minyak Stabil
A A A
SINGAPURA - Harga minyak mentah dunia berbalik stabil pada Rabu (18/3/2020), setelah sebelumnya merosot ke level terendah dalam empat tahun. Stabilnya harga si emas hitam karena kekhawatiran investor mereda setelah sejumlah negara di dunia melakukan lockdown demi menekan angka penyebaran pandemi virus corona.

Mengutip dari Reuters, harga minyak Brent International naik 8 sen atau 0,35 menjadi USD28,81 per barel pada pukul 00:29 GMT, setelah sebelumnya jatuh menjadi USD28,40 per barel, level terendah sejak awal 2016.

Sementara itu, harga minyak mentah berjangka Amerika Serikat, West Texas Intermediate (WTI) turun 2 sen menjadi USD26,93 per barel, dimana sebelumnya melemah ke USD26,20 per barel, juga level terendah dalam empat tahun.

Menurunnya harga WTI akibat prospek permintaan yang suram akibat perang harga antara Arab Saudi dan Rusia. "Prospek permintaan tampak suram saat ini karena semua orang merevisi angka permintaan menjadi lebih rendah," kata Stephen Innes, kepala strategi pasar di AxiCorp.

Dalam upaya mendukung ekonomi akibat pandemi corona, beberapa negara-negara maju dan kaya di dunia bersiap mengeluarkan anggaran hingga triliunan dolar AS untuk mengurangi dampak dari wabah virus corona. Selain itu, mereka juga memaksa melakukan pembatasan sosial, kali pertama setelah Perang Dunia Kedua.

Di tempat lain, Menteri Perminyakan Irak memohon untuk mengadakan perteman darurat antara anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan negara produsen non-OPEC, seperti Rusia, untuk segera membantu menyeimbangkan pasar minyak.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3294 seconds (0.1#10.140)