Jokowi Minta Bank Indonesia Jaga Stabilitas Rupiah

Jum'at, 20 Maret 2020 - 12:32 WIB
Jokowi Minta Bank Indonesia Jaga Stabilitas Rupiah
Jokowi Minta Bank Indonesia Jaga Stabilitas Rupiah
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan telah berbicara dengan Gubernur Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Dia meminta sinergi ketiga lembaga tersebut dan Kementerian Keuangan terus diperkuat.

"Pastikan ketersediaan likuiditas dalam negeri, kemudian memantau setiap saat terhadap sistem keuangan dan mitigasi risiko sekomprehensif mungkin, sedetail mungkin," katanya katanya saat membuka rapat terbatas (ratas) Kebijakan Moneter dan Fiskal Menghadapi Dampak Ekonomi Pandemi Global Covid-19 melalui teleconference, Jumat (20/3/2020).

Dia pun secara khusus meminta BI untuk menjaga stabilitas nilai rupiah. Seperti diketahui rupiah telah menembus Rp16.000 per dolar Amerika Serikat.

"Saya minta BI fokus terus jaga stabilitas rupiah, menjaga inflasi agar terkendali, dan mempercepat berlakunya ketentuan penggunaan rekening rupiah di dalam negeri," tuturnya.

Dia pun meminta OJK untuk lebih fokus pada kebijakan stimulus ekonomi yang memberikan kemudahan dan keringanan bagi kelompok-kelompok terdampak, khususnya UMKM dan sektor informal. Dengan begitu, aktivitas produksi bisa berjalan dan tidak melakukan PHK.

"Saya dapat laporan OJK sudah keluarkan stimulus ekonomi, bagi debitur, termasuk debitur UMKM yang terkena dampak Covid-19. Saya kira kebijakan restrukturisasi kredit maupun pembiayaan sangat bagus. Saya minta kebijakan stimulus ini dievaluasi secara periodik untuk lihat kebutuhan-kebutuhan yang ada di lapangan," ungkapnya.

Jokowi juga meminta agar kredit usaha rakyat (KUR) lebih intensif lagi dan dieksekusi sebanyak-banyaknya.

"Saya minta dukungan seluruh asosiasi, seluruh kelompok profesi, serikat buruh, serikat pekerja, himpunan nelayan, dan petani bersama bergotong royong menghadapi tentangan ekonomi saat ini dan ke depan," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5711 seconds (0.1#10.140)