BI Minta Netizen Hati-Hati Bikin Candaan Uang Redenominasi Gambar Jokowi

Senin, 08 Februari 2021 - 11:41 WIB
loading...
BI Minta Netizen Hati-Hati Bikin Candaan Uang Redenominasi Gambar Jokowi
Foto/tangakapanlayar/InstagramJakartaKeras
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) meminta agar netizen berhati-hati memberikan candaan rupiah yang diredenominasi. Sebab, viralnya video redenominasi rupiah yang membuat gambar wajah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di media sosial bisa menganggu stabilitas ekonomi.

Direktur Eksekutif Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, tidak ada sanksi yang memberikan info yang tidak benar. Namun itu bisa menganggangu kedaulatan rakyat karena rupiah merupakan simbol kedaulatan negara. ( Baca juga:Viral Uang Redenominasi Gambar Jokowi, BI: Itu Ulah Anak Iseng )

"Kami sangat ingin menyampaikan kepada para netizen untujk berhati-hati di area rupiah yang merupakan simbol kedaulatan NKRI ini," kata Erwin saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Senin (8/2/2021).

Lanjutnya, BI memang tetap berencana melakukan redenominasi. Tapi kebijakan itu akan sangat ditentukan kondisi sosial, politik dan ekonomi. Walaupun redenominasi sebenarnya tidak akan mengubah daya beli dari uang yang dipunya.

" Kondisi sosial tersebut akan menentukan akseptasi masyarakat. Artinya, plesetan atau bahkan hasutan seperti dalam contoh tadi itu bisa terjadi dalam skala yang luas, sehingga kondisi sosial, politik dan ekonomi yang stabil menjadi sangat penting dalam implementasi redenominasi. Pengalaman di banyak negara menunjukan hal tersebut," tandasnya.

Sebelumnya, viral video uang redenominasi Rp100 bergambar Presiden Joko Widodo (Jokowi) beredar di media sosial. Hal ini menghebohkan jaga dunia maya. ( Baca juga:Anies Baswedan Sebut Peran Pers Penting Hadapi Pandemi Covid-19 )

Video itu dibagikan oleh akun Instagram @jakarta.keras. Postingan akun Instagram tersebut, memuat video yang menunjukkan uang rupiah bergambar Presiden Jokowi dengan pecahan Rp100.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2039 seconds (0.1#10.140)