Makin Eksis! Peringkat BNI Naik dalam Survei Bank Asing di Jepang

loading...
Makin Eksis! Peringkat BNI Naik dalam Survei Bank Asing di Jepang
BNI Tokyo menempati posisi ke-29 dari total 56 bank asing yang beroperasi di Negeri Sakura untuk periode 2020 dari sisi perolehan laba. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) sebagai satu satunya bank BUMN asal Indonesia yang beroperasi di Jepang sejak tahun 1959, semakin menunjukkan kelasnya.

Berdasarkan "Foreign Banks in Japan Survey 2020" yang diterbitkan oleh KPMG Global Financial Services pada tanggal 11 Agustus 2020, BNI Tokyo menempati posisi ke-29 dari total 56 bank asing yang beroperasi di Negeri Sakura itu untuk periode 2020 dilihat dari sisi perolehan laba. Tak tanggung-tanggung, peringkat BNI naik 10 level dari posisi 39 pada periode sebelumnya.

(Baca Juga: Sah, Royke Tumilaar Jadi Dirut Baru BNI)

Sebagai salah satu bank dengan jaringan internasional, BNI Cabang Tokyo yang mengemban misi mendukung perkembangan hubungan ekonomi antara Jepang dan Indonesia, juga mampu memposisikan diri tidak kalah dengan bank asing lainnya di Jepang dalam hal kinerja. Hal ini dibuktikan, antara lain dari pencapaian laba yang semakin membaik dari tahun ke tahun.

General Manager BNI Tokyo Muhamad Emil Azhary mengatakan bahwa pencapaian ini lebih tinggi dibandingkan dengan kinerja beberapa bank asing lainnya yang justru mengalami penurunan pada tahun 2020. Padahal, kata dia, dari sisi aset, bankā€“bank asing tersebut lebih besar dibandingkan BNI.

"Hal tersebut menunjukkan BNI Tokyo lebih efisien dan lebih efektif dalam mengoptimalkan earning asset dan liabitilites. Dalam hal efisiensi ini, survei menempatkan BNI pada peringkat 10 dari 56 bank asing di Jepang, atau melonjak dari peringkat 41 pada tahun 2019," ujarnya melalui siaran pers, Senin (7/9/2020).



(Baca Juga: Bank BNI Optimalkan Bisnis Internasional)

Kedepannya, lanjut Emil, BNI Tokyo akan tetap mempertahankan dan meningkatkan kinerja yang telah dicapai. Salah satunya, dengan selektif dalam memilih portfolio aset dan tetap mencari peluang bisnis baru di tengah kondisi pandemi dan perlambatan ekonomi global.

BNI Kantor Cabang Tokyo berkantor di Kokusai Building, Marunouchi, Chiyoda, Tokyo. Hingga semester I/2020, pendapatan sebelum pajak BNI Tokyo tercatat mencapai USD7,26 juta, atau tumbuh 46% (yoy), didukung oleh pertumbuhan fee based income yang naik 51% (yoy) mencapai USD3,35 juta dan net interest income yang tumbuh 26% mencapai USD6,52 juta.
(fai)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top