Jelang Rilis Neraca Dagang, Rupiah Diprediksi Tertahan

Rabu, 15 April 2020 - 09:08 WIB
loading...
Jelang Rilis Neraca Dagang, Rupiah Diprediksi Tertahan
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan tengah hari ini diprediksi tertahan ketika sentimen positif dan negatif saling tarik menarik. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan tengah hari ini diprediksi tertahan. Dalam perdagangan sebelumnya, mata uang Garuda menguat 0,10% menjadi Rp15.645per USD.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, ada dua sentimen yang bertolak belakang di pasar pagi ini. Ditambah serta faktor internal mengenai pengumuman neraca dagang.

"Sentimen positif dari potensi segera terbukanya lockdown negara-negara episentrum pandemi seperti AS dan Eropa mengikuti China karena kasus Covid terlihat mulai melandai," ujar Ariston di Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Dia melanjutkan dari sisi lain sentimen negatif datang dari proyeksi negatif IMF terhadap pertumbuhan ekonomi global di 2020 karena wabah yang mendorong lockdown. Laporan-laporan earnings yang mulai dirilis juga bisa menunjukkan dampak negatif wabah terhadap kinerja perusahaan.

Sentimen negatif ini bisa mendorong pelaku pasar menahan diri untuk masuk ke aset berisiko. "Tarik-menarik sentimen positif dan negatif ini mungkin membawa USDIDR bertahan di kisaran Rp15.600 hingga Rp15.750," jelasnya.
(ant)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1898 seconds (0.1#10.140)