PSBB Is Back, Ekonomi Ambyar!

Kamis, 10 September 2020 - 18:27 WIB
loading...
PSBB Is Back, Ekonomi Ambyar!
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengungkapkan bahwa injak rem dadakan pemberlakuan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta oleh Gubernur Anies Baswedan berpengaruh besar terhadap program pemulihan ekonomi yang sedang dijalankan pemerintah pusat. Pasalnya, tidak dipungkiri bahwa DKI Jakarta berperan besar menopang pertumbuhan ekonomi nasional sehingga apabila PSBB diberlakukan kembali maka ekonomi terancam ambyar atau terpuruk.

Menurut dia keadaan ekonomi bisa dilihat dari tertekannya pasar saham setelah Anies Baswedan mengumumkan akan diberlakukan kembali PSBB mulai awal pekan depan."Karena pengumuman PSBB itu, otomatis pasar saham menjadi tertekan. Itu efek psikologisnya, dan kita akan melihat bagaimana itu akan berkembang selanjutnya," tandas dia di acara Asean Webinar Series, Kamis (10/9/2020).



Namun demikian, pihaknya akan terus berupaya agar program pemulihan ekonomi bisa tetap jalan disamping juga prgram penanganan kesehatan. "Upaya pemerintah untuk menangani sektor kesehatan terus berlanjut. Kami terus meningkatkan kemampuan kami," ujarnya.



Ia pun mengakui jika telah terjadi diskusi yang cukup panas bersama Presiden Jokowi dan jajarannya terkait pemberlakukan kembali PSBB oleh Anies Baswedan pada 14 September 2020 mendatang. Pasalnya dalam beberapa minggu terakhir ekonomi mulai bangkit, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami kenaikan dan sejumlah indikator makro sudah mulai aktif. "Namun pada hari ini, bisa dilihat bahwa pasar saham berada di bawah tekanan karena pengumuman tersebut. Tentunya ada diskusi sangat panas seputar itu," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2048 seconds (0.1#10.140)