BTN dan PUPR Gandengan Bikin Proses Digital KPR Subsidi Makin Cepat

Kamis, 10 September 2020 - 22:30 WIB
loading...
BTN dan PUPR Gandengan Bikin Proses Digital KPR Subsidi Makin Cepat
Adapun sistem yang diselaraskan oleh Bank BTN adalah Sistem eLoan yang merupakan sistem internal Bank BTN dalam pemrosesan kredit dengan platform SiKasep milik PPDPP. Foto/Dok
A A A
TANGERANG - Optimalisasi digitalisasi pada layanan jasa perbankan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk tidak berhenti pada sistem internal saja, namun juga harus selaras dengan digitalisasi yang dilakukan oleh mitra strategisnya. Dalam hal ini Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDP) yang ada di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

(Baca Juga: Gandeng 42 Pengembang, BTN Tawarkan KPR From Home Bunga 6% )

Adapun sistem yang diselaraskan oleh Bank BTN adalah Sistem eLoan yang merupakan sistem internal Bank BTN dalam pemrosesan kredit dengan platform SiKasep milik PPDPP yang merupakan sistem big data ketersediaan properti bersubsidi dan sekaligus aplikasi verifikasi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang berhak mendapatkan fasilitas subsidi perumahan.

“Hari ini Bank BTN dan PPDPP meluncurkan sistem terintegrasi atau Host to Host Onboarding eLoan dan SiKasep PPDPP. Jadi MBR yang mengajukan KPR Bersubsidi dapat mendaftar SiKasep menggunakan sistem eLoan Bank BTN dengan bantuan petugas bank dari tahapan pendaftaran hingga pemilihan unit rumah idaman," kata Direktur Consumer & Commercial Lending Bank BTN, Hirwandi Gafar saat launching Host To Host Onboarding Sistem eLoan dan SiKasep PPDPP di Tangerang, Kamis (10/9/2020).

Hirwandi menjelaskan, sebelum adanya sinkronisasi oleh Bank BTN ini, proses pendaftaran SiKasep oleh MBR hanya dapat dilakukan pada aplikasi mobile SiKasep di ponsel saja. Namun banyak MBR yang terkendala perangkat, jaringan dan masalah lainnya, sehingga menyebabkan proses pendaftaran menjadi terhambat.

Selain itu, kendala lainnya Petugas bank juga harus melakukan penginputan ulang data yang sebelumnya telah diinput oleh MBR di aplikasi SiKasep ke sistem eLoan BTN sehingga menyebabkan proses pelayanan menjadi tidak efisien.

(Baca Juga: Permintaan Rumah Subsidi Naik Gila-Gilaan, Pertanda Apa? )

Setelah dikembangkan Host To Host Onboarding Sistem eLoan dengan SiKasep, Hirwandi menambahkan, keuntungan didapat dengan adanya sinkronisasi antara SiKasep dan eLoan adalah memperbanyak kanal akses bagi MBR untuk dapat mengakses aplikasi SiKasep PPDPP.

Selanjutnya mempercepat proses karena calon debitur yang mengajukan permohonan KPR Subsidi tidak perlu memasukkan berulang kali data yang sama baik pada aplikasi SiKasep maupun eLoan BTN, sehingga meminimalkan kegagalan proses yang disebabkan ketidaksesuaian data antara aplikasi SiKasep PPDPP dengan eLoan BTN.

“Proses pengajuan KPR Subsidi semakin cepat dan yang utama dengan mendaftar menggunakan eLoan, maka calon debitur dapat langsung memilih Bank BTN sebagai bank penyalur KPR Bersubsidi, sehingga dengan adanya Host to Host ini pangsa pasar Bank BTN akan semakin besar,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)