BTN dan PPDP Kerja Sama Percepat Proses KPR Subsidi

Jum'at, 11 September 2020 - 07:35 WIB
loading...
BTN dan PPDP Kerja Sama Percepat Proses KPR Subsidi
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Pengoptimalan digitalisasi pada layanan jasa perbankan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) tidak berhenti pada sistem internal, namun juga harus selaras dengan digitalisasi yang dilakukan oleh mitra strategisnya, dalam hal ini Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDP) yang ada di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Adapun sistem yang diselaraskan oleh Bank BTN adalah sistem eLoan yang merupakan sistem internal Bank BTN dalam pemrosesan kredit dengan platform SiKasep milik PPDPP. SiKasep merupakan sistem big data ketersediaan properti bersubsidi sekaligus aplikasi verifikasi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang berhak mendapatkan fasilitas subsidi perumahan. (Baca: 7 Daerah Ini Masih Berlakukan PSBB)

“Hari ini Bank BTN dan PPDPP meluncurkan sistem terintegrasi atau host to host on boarding eLoan dan SiKasep PPDPP. Jadi, MBR yang mengajukan KPR Bersubsidi dapat mendaftar SiKasep menggunakan sistem eLoan Bank BTN dengan bantuan petugas bank dari tahapan pendaftaran hingga pemilihan unit rumah idaman,” kata Direktur Consumer & Commercial Lending Bank BTN, Hirwandi Gafar, di saat peluncuran host to host onboarding sistem eLoan dan SiKasep PPDPP di Tangerang kemarin.

Hirwandi menjelaskan, sebelum adanya sinkronisasi oleh Bank BTN ini, proses pendaftaran SiKasep oleh MBR hanya dapat dilakukan pada aplikasi di ponsel. Namun, banyak MBR yang terkendala perangkat, jaringan dan masalah lain sehingga menyebabkan proses pendaftaran menjadi terhambat. (Baca juga: Tuntutlah Ilmu Walau ke Negeri China Ternyata Bukan Hadis Shahih)

Selain itu, kendala lainnya petugas bank harus melakukan inputing ulang data yang sebelumnya telah di-input oleh MBR di aplikasi SiKasep ke sistem eLoan BTN sehingga menyebabkan proses pelayanan menjadi tidak efisien.

Setelah dikembangkan host to host onboarding sistem eLoan dengan SiKasep, keuntungan didapat. Sinkronisasi antara SiKasep dan eLoan adalah memperbanyak kanal bagi MBR untuk dapat mengakses aplikasi SiKasep PPDPP, mempercepat proses karena calon debitur yang mengajukan permohonan KPR Subsidi tidak perlu memasukkan berulang kali data yang sama baik pada aplikasi SiKasep maupun eLoan BTN. Alhasil sinkronisasi ini meminimalkan kegagalan proses yang disebabkan ketidaksesuaian data antara aplikasi SiKasep PPDPP dan eLoan BTN. (Lihat videonya: Tawuran Remaja Sambil Berenang Kembali Terjadi di Jakarta Utara)

“Proses pengajuan KPR subsidi semakin cepat dan yang utama dengan mendaftar menggunakan eLoan calon debitur dapat langsung memilih Bank BTN sebagai bank penyalur KPR bersubsidi. Dengan adanya host to host ini juga pangsa pasar Bank BTN akan semakin besar,” katanya. (Rakhmat Baihaqi)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)