Langit Gelap Bukan karena Mendung, Makanya Pakai BBM Berkualitas

Sabtu, 12 September 2020 - 22:15 WIB
loading...
Langit Gelap Bukan karena Mendung, Makanya Pakai BBM Berkualitas
Udara Jakarta, Bekasi, Tangerang Selatan, Depok dan sekitarnya, sebelum PSBB langit ngeri gelapnya bukan karena mendung tapi karena dampak polusi yang sudah parah. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Sebelum adanya Pandemi Covid-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), DKI Jakarta masuk dalam 10 peringkat dengan kualitas udara terburuk di dunia. Penyebab buruknya kualitas udara di Ibu kota disumbang oleh emisi gas buang kendaraan bermotor.

(Baca Juga: Terungkap! Hanya Tersisa 7 Negara yang Mengonsumsi BBM Premium )

Melihat kondisi ini, PT Pertamina (Persero) mengajak masyarakat menggunakan bahan bakar kendaraan bermotor (BBM) berkualitas, seperti Pertamax Series dan Dex Series. Dengan penggunaan BBM berkualitas ini, emisi gas buang kendaraan lebih sedikit dan polusi udara dapat berkurang.

“Masyarakat yang menggunakan BBM berkualitas tak hanya dapat menjaga mesin kendaraan, namun turut serta menjaga kualitas udara supaya lebih bersih,” ujar Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR III, Eko Kristiawan ngobrol virtual dengan media.

Berdasarkan kajian dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, saat PSBB tahap 1 Konsentrasi Maksimum Particulate Matters (PM)2,5 menurun sekitar 0,02-35,07 persen di 5 Stasiun Pemantau Kualitas Udara (SPKU). Selama PSBB, semua SPKU juga telah memenuhi Baku Mutu Harian (
"Udara Jakarta, Bekasi, Tangerang Selatan, Depok dan sekitarnya, sebelum PSBB langit ngeri gelapnya bukan karena mendung tapi karena dampak polusi yang sudah parah, kualitas udara semakin tidak sehat. Ini merupakan dampak dari penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai sehingga gas buangnya pun mencemari udara di lingkungan kita," kata Pertamina Sales Area Manager Retail Banten, Probo Prasiddhahayu.

(Baca Juga: Pertamina Bakal Hapus Premium, Nasib BBM Satu Harga Gimana Pak Jokowi? )

Untuk menjaga kualitas udara tersebut, Pertamina memiliki beberapa varian produk BBM yang dapat digunakan sesuai dengan jenis dan spesifikasi kendaraan. Untuk kendaraan yang menggunakan bensin, pelanggan dapat menggunakan BBM jenis Pertalite (RON 90), Pertamax (RON 92), atau Pertamax Turbo (RON (98). Sementara bagi kendaraan diesel, terdapat varian produk Dexlite dan Pertamina Dex.

"Untuk langit biru atau udara bersih bagi masyarakat indonesia, kita akan menyediakan BBM berkualitas. Kami mendorong konsumen untuk menggunakan bbm berkualitas dan memastikan konsumen memakai bbm sesuai jenis dan peruntukannya," tandas Probo.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)