Menko Airlangga Berharap Optimalisasi BLK Komunitas Bisa Pulihkan Ekonomi

Minggu, 13 September 2020 - 00:39 WIB
loading...
Menko Airlangga Berharap Optimalisasi BLK Komunitas Bisa Pulihkan Ekonomi
Menko Airlangga Hartarto berharap, selain untuk menyiapkan SDM yang siap kerja, BLK Komunitas juga mampu mencetak wirausahawan baru. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mengoptimalkan program Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas untuk mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemi. Karena selain untuk menyiapkan SDM yang siap kerja, BLK Komunitas juga mampu mencetak wirausahawan baru.

(Baca Juga: Tertinggal Dibanding Brunei, Kemenaker Genjot Pembangunan BLK )

“Melalui pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan juga mendorong kewirausahaan, sehingga pada akhirnya dapat menekan angka pengangguran dan memulihkan perekonomian,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam acara Penyerahan Bantuan Program BLK Komunitas di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (12/9).

Airlangga mengatakan, pemerintah terus mendorong peningkatan skill masyarakat melalui BLK Komunitas bagi para pekerja dalam masa pandemi Covid-19. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yaitu agar kesehatan pulih dan ekonomi bangkit.

(Baca Juga: Ternyata Sektor Industri Butuh Banyak SDM, Sementara Pasokannya Kurang )

Untuk itu, dia berharap BLK Komunitas dapat menjadi penyedia pelatihan, utamanya untuk mendorong pelatihan pada daerah yang masih memiliki keterbatasan infrastruktur teknologi komunikasi.

"Ke depan program ini akan terus ditingkatkan dengan membuka pendaftaran dan pelatihan offline dengan mempertimbangkan wilayah," kata Airlangga.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)