Ciptakan Guru Masa Depan, Eduversal buka Program Academy of Future Teachers

Sabtu, 12 September 2020 - 23:45 WIB
loading...
Ciptakan Guru Masa Depan, Eduversal buka Program Academy of Future Teachers
Eduversal kembali membuka program Academy of Future Teachers (AFT) 2020. Program ini akan mendampingi dan memberi pembekalan pada para calon guru dengan kompetensi abad 21. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Eduversal kembali membuka program Academy of Future Teachers (AFT) 2020. Program ini akan mendampingi dan memberi pembekalan pada para calon guru dengan kompetensi abad 21.

(Baca Juga: Joss, Mahasiswa Swasta Akhirnya Dapat Kiriman Pulsa Juga dari Pemerintah )

Direktur Eduversal Dwi Prajitno Wibowo mengatakan, AFT adalah program yang sudah memasuki tahun ketiga untuk mempersiapkan para calon guru Indonesia. Program ini akan melatih mereka dengan berbagai keterampilan dan pengetahuan sehingga pada saatnya nanti mereka terjun ke lapangan sudah siap mengajar.

"Harapannya mereka akan siap terjun dibidangnya dengan kemampuan yang baik," katanya pada konferensi pers AFT via daring, Sabtu (12/9).

Diketahui, AFT bertujuan mendampingi para mahasiswa dan mahasiswa baru lulus yang memiliki ketertarikan dan keinginan kuat untuk menjadi guru. Berbagai materi dan kegiatan terkait dengan kompetensi pedagogik dan disiplin ilmu setelah keterampilan lainnya akan dibagikan.

Mereka diharapkan akan menjadi guru yang mampu mempersiapkan murid-muridnya dengan bekal kompetensi abad 21 dalam berbagai permasalahan dan berkontribusi positif untuk kemajuan Indonesia.

Berbagai materi telah disiapkan untuk menjaring calon-calon guru masa depan ini, seperti seminar pendidikan dengan berbagai topik, bedah kurikulum, micro-teaching, diseminasi metodologi belajar dan mengajar, dan pengembangan keterampilan mengajar untuk menguatkan kompetensi pedagogik dan disiplin ilmu yang ditekuni.

(Baca Juga: Ketua Komisi X: RUU Ciptaker Bisa Jadikan Indonesia Pasar Bebas Pendidikan )

Project Manager AFT Andry Nur Hidayat mengatakan, keuntungan mengikuti AFT adalah selain mendapat mentor yang akan terus mendampingi saat pelatihan mereka juga akan mendapat peluang untuk bekerja menjadi guru di berbagai sekolah yang menjadi mitra AFT.

Dia menjelaskan, program ini menerima mahasiswa semester 5 atau yang baru lulus dari kuliah dari jurusan Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Bahasa Indonesia, pendidikan guru sekolah dasar, pendidikan guru paud dan beberapa bidang sosial lain juga seni dan olahraga. "Mereka yang mau mengikuti program ini harus memiliki passion untuk menjadi guru di masa depan baik," terangnya.

Para calon guru yang ingin mengikuti program ini dapat melihat informasi lebih lanjut di situs https://eduversal.net/aft/. Registrasi dibuka pada 1-30 September, tes pada 3 Oktober dan pengumuman seleksi pada 10 Oktober.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1894 seconds (0.1#10.140)