Dianggap Lebih Berbakat, BUMN Buka Peluang Impor Pegawai Asing

Senin, 14 September 2020 - 13:55 WIB
loading...
Dianggap Lebih Berbakat, BUMN Buka Peluang Impor Pegawai Asing
Kementerian BUMN berencana impor pegawai asing. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pemerintah membuka peluang impor sumber daya manusia (SDM) dari luar negeri untuk membenahi tata kelola BUMN agar lebih baik. Nantinya dengan impor SDM asing tersebut bisa diambil bakatnya untuk ditularkan kepada pegawai BUMN.

"Jadi sebelum ekspor talenta, kita tidak boleh alergi untuk impor talenta untuk mengakselerasi transformasi," ujar Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Alex Denni dalam acara webinar, Jakarta, Senin (14/9/2020).



Menurut Alex, Indonesia harus melakukan impor SDM terlebih dahulu. Hal itu seiring SDM di Indonesia terbilang sedikit bila dibandingkan dengan SDM negara-negara lainnya. Kata dia, bila impor talenta dilakukan, dengan begitu Indonesia akan mampu melahirkan expert talent.

Dia mencontohkan, langkah itu dilakukan klub sepakbola dunia, FC Barcelona. Di mana, FC Barcelona banyak memiliki pemain bertalenta namun masih terus mengimpor talenta di luar klub-nya. Transformasi SDM BUMN, lanjut dia, dilakukan untuk menggenjot kinerja BUMN agar mampu bersaing di kanca internasional.

"Kadang-kadang kita harus impor talent terlebih dahulu hingga akhirnya kita bisa melahirkan expert talent. Bahkan Barcelona yang sudah sebegitu besarnya perlu import talent juga," ujar dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1342 seconds (0.1#10.140)