UMKM Teknologi Butuh Dukungan Pemerintah

Rabu, 16 September 2020 - 10:11 WIB
loading...
A A A
Padahal dengan sumber daya yang tersedia di dalam negeri, pengembangan teknologi yang diusung UMKM ini dapat memberikan kontribusi terhadap perekonomian dalam negeri berupa serapan tenaga kerja hingga pungutan cukai.

“Kami berharap ada langkah konkret berupa kebijakan dari pemerintah memberikan dukungan seluas-luasnya kepada pelaku Industri dalam bentuk regulasi, khusus untuk menstimulasi pelaku industri dalam berinovasi dan mengembangkan teknologi,” kata Garindra.

Pengamat teknologi informasi, Heru Sutadi, menilai sektor prospektif yang dapat berkembang kelak, selain sektor kesehatan adalah sektor telekomunikasi. "Diperkirakan sektor ini ke depannya akan tumbuh cukup tinggi di tengah pandemi karena masih banyak masyarakat yang WFH, PJJ, dan berbelanja dari rumah," ujar Heru saat dihubungi kemarin. (Lihat videonya: Marion Jola Bikin Heboh karena Bra, Gisella Menyesal Bercerai)

Heru bahkan melihat apa yang disampaikan Jokowi tentang transformasi digital sudah merupakan e-leadership. Karena itu, hal yang dibutuhkan saat ini visi pemerintah tersebut harus diterjemahkan ke tingkat bawah. Pemerintah juga perlu menyelesaikan pekerjaan rumah infrastruktur digital, yaitu masih ribuan desa belum ada sinyal internet saat ini. "Aplikasi kita juga masih dikuasai asing," ujarnya. (Hafid Fuad/Rakhmat Baihaqi)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1472 seconds (0.1#10.140)