Apresiasi Pemenang Lomba Rayakan Kemerdekaan, Wishnutama Ajak Tetap Kreatif dan Inovatif di Tengah Pandemi

Rabu, 16 September 2020 - 19:29 WIB
loading...
Apresiasi Pemenang Lomba Rayakan Kemerdekaan, Wishnutama Ajak Tetap Kreatif dan Inovatif di Tengah Pandemi
Menparekraf Wishnutama dalam acara apresiasi Lomba Rayakan Kemerdekaan yang digelar secara hybrid, Selasa (15/9/2020). Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengumumkan pemenang "Lomba Rayakan Kemerdekaan" yang digelar dalam rangka perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia yang mengangkat tema “Cinta Indonesia”.

Adapun video berjudul "Perjuangan dan Harapan Menuju Indonesia Maju" karya dari Tim Super Marines 1 dari Surabaya, Jawa Timur berhasil menyabet gelar juara 1 sekaligus juara favorit.

Kemudian posisi runner-up diraih kelompok Fikri Ashsiddiqi dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dengan video bertajuk "Terbang Tinggi untuk Indonesia".

Sedangkan posisi ketiga dimenangkan video berjudul "Semangat Cinta Indonesia dari Pedalaman Kalimantan" dari kelompok Bersinar Desaku, dari Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

"Saya atas nama Presiden Republik Indonesia mengucapkan selamat kepada para pemenang Lomba Rayakan Kemerdekaan," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dalam acara apresiasi "Lomba Rayakan Kemerdekaan" yang digelar secara hybrid, Selasa (15/9/2020).

Dia menilai karya para finalis dan peserta lainnya sangat luar biasa dan kreatif. Hal tersebut menunjukkan bahwa meski saat ini semua sedang berada di situasi pandemi yang penuh dengan keterbatasan, namun tetap mampu berkreasi dengan penuh inovasi. "Inilah yang dibutuhkan Indonesia saat ini dan ke depan untuk tetap kreatif dan inovatif," tuturnya. (Baca: Jelang PSBB Jakarta, Wishnutama Minta Pelaku Parekraf Diberi Ruang untuk Tetap Produktif )

Menurut Wishnutama, karya para peserta juga menunjukkan bahwa situasi saat ini tidak mengurangi rasa khidmat dalam merayakan kemerdekaan serta rasa cinta kepada bangsa Indonesia.

"Hal tersebut dapat terlihat dalam video-video karya peserta saat momen penghormatan dengan sikap sempurna ketika lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Tidak lupa juga saya sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk seluruh peserta yang sudah mengunggah karyanya dengan luar biasa. Sekali lagi tetap semangat dan selamat," ucapnya.

Lomba Rayakan Kemerdekaan berlangsung melalui proses yang cukup panjang. Selama periode lomba terdapat 2.192 perwakilan peserta dari 33 provinsi di Indonesia yang mendaftar melalui situs www.hutri75.kemenparekraf.go.id.

Dari jumlah tersebut terdapat 838 peserta yang mengunggah video di tiga sosial media, yaitu YouTube, Facebook, dan Instagram yang kemudian dikurasi oleh para kurator.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1990 seconds (0.1#10.140)