China Mulai Pulih dari Corona, Luhut Incar Turisnya

Rabu, 15 April 2020 - 11:49 WIB
loading...
China Mulai Pulih dari Corona, Luhut Incar Turisnya
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan punya langkah untuk membangkitkan sektor pariwisata termasuk perhotelan. Luhut berencana menarik turis dari negara-negara yang mulai pulih dari wabah virus corona (Covid-19) untuk berlibur ke Indonesia.

"Pariwisata memang menjadi perhatian serius kita, tetapi kita perlu lihat juga ini sekarang. Kalau China ini recovery cepat, dan sekarang sudah mulai nih. Korea Selatan dan Jepang dalam satu atau dua bulan ini, berarti turis mereka sudah ingin keluar tuh karena stres berbulan-bulan," ujar Luhut di Jakarta, Selasa (14/4/2020).

Dia melanjutkan Bali menjadi salah satu daerah yang akan kembali digenjot pariwisatanya untuk menarik wisatawan asing dari China, Jepang, dan Korea Selatan yang mulai pulih dari kondisi pandemi virus corona. Namun, imbuh dia, alat pendeteksi Covid-19 akan disioapkan bagi wisatawan asing yang akan datang ke Indonesia.

"Nah kita juga siapkan daerah-daerah (jadi kunjungan wisata). Seperti Bali, kita cepat-cepat (benahi penataannya) supaya lebih bagus. Ada satu alat untuk melakukan pengetesan di Udayana, mereka sedang buat," jelasnya.

Dia menambahkan pemerintah masih menghitung insentif yang akan diberikan kepada sektor pariwisata. Luhut pastikan, adanya pemulihan dari ketiga negara tersebut, pariwisata Indonesia akan bergeliat lagi

"Tadi ada hampir 1.000 hotel itu sekarang slow down dan berhenti. Tadi pemerintah lagi menghitung sekarang ini, bunganya dihilangkan berapa lama atau bagaimana, sedang dihitung cermat soal ini. Kita lihat yang cepat bangkit ini pariwisata. Karena kita lihat jumlah pariwisata bisa belasan juta orang," pungkasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)