Gedung Dipugar Bikin Sarinah Rugi Miliaran, Dirut: Tahun Depan Untung Lagi

Senin, 28 September 2020 - 18:55 WIB
loading...
Gedung Dipugar Bikin Sarinah Rugi Miliaran, Dirut: Tahun Depan Untung Lagi
Gedung Sarinah sebelum dipugar. Foto/Dok SINDOphoto/Yulianto
A A A
JAKARTA - PT Sarinah (Persero) mencatatkan kinerja negatif sepanjang 2020. Selain dampak pandemi Covid-19 di sektor ritel, renovasi gedung Sarinah menjadi faktor lain meruginya perseroan plat merah tersebut.

Direktur Utama Sarinah Fetty Kwartati mengutarakan, proses pemugaran atau renovasi gedung membuat seluruh pelaku bisnis ritel di Sarinah harus menutup seluruh toko selama satu tahun ke depan hingga Agustus 2021.

Hal tersebut mempengaruhi cash flow perusahaan, dimana pusat perbelanjaan yang dibangun pada era presiden Soekarno itu diperkirakan merugi sebesar Rp29,9 miliar.

"Kalau kita bicara soal keuangan Sarinah, bagaimana dampak Covid-19 yang berdampak pada ritel secara umumnya, ritel sudah terkena dampak 70% bahkan ada yang terdampak hingga 100%. Sarinah pun tidak terkecuali, artinya dampaknya dobel dari Covid-19 itu sendiri dan pemugaran, artinya tokonya tutup hampir 1 tahun, hingga 2020 diprediksi (keuangan) akan loss," ujar Fetty dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR, Jakarta, Senin (28/9/2020). (Baca juga: Pilu, PSBB Bikin Omzet Pengusaha Ritel Anjlok Rp200 Triliun )

Meski begitu, manajemen akan melakukan upaya recovery atau pemulihan kembali setelah gedung sudah selesai dibangun pada Agustus tahun depan. Salah satu upaya adalah menarik kembali sejumlah pelaku usaha ritel lokal.

Fetty yakin pihaknya akan mampu meraup laba bersih hingga di angka Rp3,7 miliar pada tahun depan. Meskipun target laba bersih itu jauh dari proyeksi perseroan sebelum pandemi Covid-19.

"Kami upayakan pada 2021 akan meningkat revenue-nya seiring dengan buka kembali toko di 2021 sehingga profit positif, meski masih relatif kecil jumlahnya," ungkapnya.

Sebelumnya, Fetty menjelaskan bahwa pemugaran Gedung tak akan menghilangkan cagar budaya yang dahulu sudah pernah ada. Dia bilang, nilai-nilai sejarah akan tetap dipertahankan dan menjadi kekuatan tersendiri bagi Sarinah. Salah satunya, kolam pantul yang akan menjadi objek bagi para turis-turis untuk datang melihat ikon bersejarah tersebut.

“Misalnya ada kolam pantul adalah memunculkan kembali cagar budaya atau histori yang sudah ada di Sarinah sebelumnya. Turis-turis untuk datang melihat heritage tersebut,” ujarnya. (Baca juga: Cetak 100 Kemenangan di Liga Spanyol, Zidane Pelatih Kedua dalam Sejarah Real Madrid )

Dia menambahkan, pihaknya juga akan membangun museum sejarah berdirinya Gedung Sarinah. Nantinya, para wisatawan atau pelancong yang berbelanja pun bisa melihat keunikan dan cerita bersejarah saar awal-awal bangunan itu didirikan.

“Museum Sarinah yang nanti kami akan bangun dengan relieve sejarah dan momentum tahun 1960 itu menjadi edukasi yang juga bisa kita kaitkan dengan gerakan lokalitas, sehingga mereka bisa semakin mengenali Indonesia dan semakin mencintai produk lokal dan histori kita,” kata dia.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0948 seconds (0.1#10.140)