Wow! Bank BCA Hapus Posisi Back Office hingga Akuntan

loading...
Wow! Bank BCA Hapus Posisi Back Office hingga Akuntan
Bank BCA terus bertransformasi ke tekonologi digital untuk menciptakan efisiensi. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja memastikan tidak ada pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan meskipun posisi back office hingga akuntan di setiap kantor cabang telah dihapus digantikan dengan teknologi digital. Adapun peran masing-masing pekerja tersebut dikembalikan untuk membantu tugas lain di kantor cabang.

"Kemarin timbul isu kita akan PHK tapi nggak, kita tidak melakukan PHK. Kita coba mentransformasi tetapi pekerjaannya itu hilang. Pekerjaan back office di setiap cabang itu hilang," ujar dia dalam diskusi virtual, Selasa (29/9/2020).

Baca Juga:Layanan Digital Banking Makin Nanjak, Bye-bye Gesek ATM

Tidak hanya back office, Jahja menambahkan, peran akuntan di hampir seluruh kantor cabang BCA juga kini sudah diautomatisasi dengan teknologi digital. "Ini saya kira setiap bank wajib efisiensi ini bisa membuat suatu culture mulai sadar akan digital dan teknologi. Saya yakin sudah banyak yang melakukan itu tetapi yang belum tetap konsentrasi untuk hal itu," kata dia.



Baca Juga: Waspada, Pembobolan Digital Banking Bisa lewat SMS Lho!

Menurut dia industri perbankan di Tanah Air tidak bisa terlepas dari perkembangan teknologi digital yang semakin menjamur. Oleh sebab itu, seluruh bank di Indonesia harus bertransformasi ke digital khususnya secara internal. "Saya pikir, mungkin dari 100 bank lebih di Indonesia ini tidak semuanya sanggup atau berat secara advance masuk di digital payment. Tetapi yang it's a must adalah digitalisasi internal karena kita mengalami sekali," ujar dia.
(nng)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top