LSP KAI Kantongi Lisensi BNSP, Standar Pekerja Kini Bertaraf Internasional

Selasa, 29 September 2020 - 22:05 WIB
loading...
LSP KAI Kantongi Lisensi BNSP, Standar Pekerja Kini Bertaraf Internasional
Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi dapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi dapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Dengan demikian, seluruh pekerja yang telah disertifikasi oleh LSP KAI dinilai telah memiliki standar yang tinggi dan dapat bekerja di seluruh perusahaan perkeretaapian nasional bahkan internasional.

“Lisensi BNSP ini adalah bentuk pengakuan dan pemberian ijin dari BNSP, sehingga LSP KAI dapat melaksanakan sertifkasi kompetensi kerja atas nama BNSP,” ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo di Jakarta, Selasa (29/9/2020).

(Baca Juga: Hut KAI ke-75 Tahun, Ini Pesan Jokowi dan Erick Thohir )

“LSP KAI hadir untuk mengembangkan sumber daya manusia KAI yang unggul dalam mencapai visi KAI yakni menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia,” ujar Didiek.

LSP KAI dibentuk pada 13 Februari 2019 dengan tujuan utama melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja terhadap sumber daya manusia lembaga induknya, sumber daya dari pemasoknya dan/atau sumber daya manusia dari jejaring kerjanya, sesuai ruang lingkup yang diberikan oleh BNSP.

(Baca Juga: Berhasil Cegah Korupsi, KAI Diganjar Sertifikat Anti Suap )

Visi LSP KAI adalah menjadi lembaga sertifikasi profesi bidang perkeretaapian dan penunjangnya untuk menciptakan sumber daya manusia yang kompeten dalam profesional serta diakui secara nasional, regional dan internasional.

“Kami berprinsip bahwa 30 ribu pegawai yang KAI punya adalah aset utama. Maka dari itu, kami bertekad untuk meningkatkan kompetensi talent-talent KAI sehingga dapat berkontribusi maksimal dalam mendukung performansi perusahaan menjadi lebih baik ke depan,” kata Didiek.

Terdapat pula 24 asesor yang siap melakukan pengujian kompetensi Bidang Operasi karena sudah mendapat Sertifikat Kompetensi dari BNSP, serta 80 Tempat Uji Kompetensi.

LSP KAI tetap menjamin mutu dengan menjaga proses sertifikasi sesuai dengan standar yang berlaku karena telah membuat Standar Kompetensi Kerja Khusus (SK3) yang sudah teregister di Kementerian Ketenagakerjaan.

“Diharapkan keberadaan LSP KAI dapat menciptakan tenaga kerja profesional yang kompeten sehingga dapat memajukan perkeretaapian Indonesia dan bisa bersaing baik di kancah nasional, regional, maupun internasional,” tutup Didiek.

LSP KAI memiliki 10 skema yang terverifikasi BNSP yaitu:
1. Awak Sarana Perkeretaapian Tingkat Pertama
2. Awak Sarana Perkeretaapian Tingkat Muda
3. Awak Sarana Perkeretaapian Tingkat Muda sebagai Penyelia Masinis
4. Awak Sarana Perkeretaapian Tingkat Madya
5. Awak Sarana Perkeretaapian Tingkat Madya sebagai Penyelia Masinis
6. Awak Sarana Perkeretaapian Tingkat Madya sebagai Instruktur Masinis
7. Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) Setempat
8. Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) Daerah
9. Pengendali Perjalanan Kereta Api (PPKP)
10. Petugas Penjaga Pintu Perlintasan (PJL)
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)