Ekonomi Kreatif dan Digital Jadi Penggerak Ekonomi Berbasis Inovasi

Rabu, 30 September 2020 - 08:30 WIB
loading...
Ekonomi Kreatif dan Digital Jadi Penggerak Ekonomi Berbasis Inovasi
Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, pengembangan transformasi digital untuk pemanfaatan TIK telah dicanangkan pemerintah dalam 5 tahun. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Riset dan Teknologi Republik Inonesia, Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, PhD, mengungkapkan, pengembangan transformasi digital untuk pemanfaatan TIK telah dicanangkan pemerintah dalam 5 tahun. Hal ini disampaikan olehnya saat menjadi Keyspeaker ICONETSI 2020.

"Dalam kondisi sekarang dan sesudah pandemi, pemerintah perlu masuk lebih cepat dalam mendukung pengembangan digital pemanfaatan TIK. Pemerintah sudah mempunyai strategi pengembangan transformasi digital untuk 5 tahun ke depan," ucap Menteri Bambang dalam Konferensi Pers Virtual.

(Baca Juga: Pandemi Bongkar Kelemahan Infrastruktur Ekonomi 4.0 )

Dia menjelaskan strategi pengembangan transformasi digital 2020-2025 bertujuan menjadikan ekonomi kreatif dan digital sebagai sumber pertumbuhan Indonesia di tahun 2025.

Strategi tersebut dicanangkan bertahap hingga tercapainya tujuan pada tahun 2035 yaitu ekonomi kreatif dan digital sebagai penggerak ekonomi berbasis inovasi, dan tahun 2045 menuju Indonesia sebagai salah satu pusat ekonomi kreatif dan digital kelas dunia.

Berpacu dengan ragam tantangan global yang berdampak pada perekonomian saat ini, dibutuhkan suatu proses yang berkesinambungan dalam mengoptimalkan pendidikan dan penelitian untuk menghasilkan teknologi, inovasi dan kewirausahaan yang mampu meningkatkan kualitas hidup dan kemakmuran masyarakat di setiap bangsa.

Sinergi antara akademisi, peneliti, profesional, pengusaha, dan pengambil kebijakan akan menjadi motor penggerak dalam mewujudkan langkah konkret dalam pencapaian kualitas hidup masyarakat, melalui pertukaran informasi kegiatan inovasi, penelitian dan pengembangan.

Selaras dengan semangat tersebut, Swiss German University (SGU) berinisiatif untuk menghelat suatu konferensi internasional yang mempertemukan pemangku kebijakan dengan beragam ahli, praktisi dan akademisi dari beberapa negara melalui "International Conference on Engineering and Information Technology for Sustainable Industry 2020 (ICONETSI)" yang diselenggarakan pada 28-29 September 2020.

(Baca Juga: Implementasi Ekonomi Digital Perlu Pembenahan )

ICONETSI 2020 sendiri bermitra dengan Central Michigan University USA, Nihon University Jepang, Universiti Malaysia Pahang Malaysia, BKSTI (Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri) Indonesia, Indonesia Association for Pattern Recognition dan Universitas Sebelas Maret Surakarta Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0943 seconds (0.1#10.140)