Indonesia Tuan Rumah Peringatan Hari Habitat Dunia

Rabu, 30 September 2020 - 21:21 WIB
loading...
Indonesia Tuan Rumah Peringatan Hari Habitat Dunia
Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indonesia akan menjadi tuan rumah pada Peringatan Hari Habitat Dunia (HHD) yang diperingati oleh negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) setiap tahunnya pada Senin pertama bulan Oktober.

Pengumuman Indonesia menjadi tuan rumah Hari habitat Internasional ditandai dengan penandatanganan secara virtual naskah Persetujuan Perjanjian Kerjasama Penyelenggaraan Peringatan Hari Habitat Dunia antara Pemerintah RI diwakili Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Direktur Eksekutif PBB/UN-Habitat, Maimunah Mohd. Sharif pada Selasa (29/9/2020).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya akan mendorong seluruh pemangku kepentingan untuk berperan aktif pada puncak peringatan Hari habitat Dunia 2020. “Kami akan mendorong setiap peserta bersama pemangku kepentingan lain untuk berkontribusi pada peringatan Hari Habitat Dunia. Ini tentunya menjadi kesempatan dan kehormatan sebagai tuan rumah di 2020,” ujarnya di Jakarta, Rabu (30/9/2020). ( Baca juga:Rencana Utak-Atik Peran Perusahaan Negara ala Menteri Erick )

Direktur Eksekutif UN-Habitat Maimunah Mohd Sharif berharap Peringatan Hari Habitat Dunia secara internasional dapat memiliki pengaruh jangka panjang, utamanya dalam menjamin kesetaraan pembangunan permukiman dan perumahan yang sehat dan layak huni. “Isu ini akan selalu menjadi penting, bahkan di tengah pandemi Covid-19 isu ini menjadi sangat penting yang menentukan kehidupan kita, sehingga kita harus menemukan solusi jangka panjang," ujarnya.

Kegiatan peringatan Hari Habitat Dunia tersebut akan diikuti oleh perwakilan negara-negara, organisasi internasional, lembaga PBB, lembaga non-pemerintah, petinggi Sekretariat PBB, serta tamu yang diundang oleh PBB dan Pemerintah Republik Indonesia yang disaksikan secara daring dari wilayah masing-masing.

Kegiatan ini akan dibuka dengan seremoni Peringatan Hari Habitat Dunia pada 5 Oktober 2020 yang rencananya diisi dengan tayangan video berupa pesan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Sekretaris Jenderal PBB António Guterres, yang dilanjutkan pernyataan resmi dari Direktur Eksekutif UN-Habitat Maimunah Mohd Sharif dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Acara pada hari pertama tersebut juga akan diisi dengan presentasi lima pemenang Scroll of Honours dari Kolumbia, Malaysia, Meksiko, Nepal, dan Uganda. Selanjutnya juga akan dilakukan peluncuran Platform Urban Agenda dan dimulainya kampanye Perumahan Untuk Semua selama lima pekan. ( Baca juga:Armenia Kerahkan S-300 Rusia, Azerbaijan Bersumpah Menghancurkannya )

Pada hari kedua Puncak Peringatan Hari Habitat Dunia secara Internasional Tahun 2020 tanggal 6 Oktober 2020 akan diisi dengan pertemuan yang membahas tema peringatan Hari Habitat Dunia tahun 2020 yaitu “Housing for All: for A better Urban Future” yang merefleksikan pentingnya kesetaraan Pembangunan Permukiman dan Perumahan yang layak huni dan berkelanjutan selama masa tatanan baru (era new normal) pasca pandemi Covid-19.

Pembahasan pertemuan tersebut akan mendalami bagaimana dampak COVID-19 terhadap pembangunan perumahan, kesetaraan gender dan pemulihan ekonomi bidang permukiman, serta laporan progres agenda perkotaan dan pertukaran pengetahuan yang telah berjalan selama beberapa dekade.

Hari Habitat Dunia ditetapkan PBB tahun 1985 diperingati setiap Senin pertama di bulan Oktober. HHD diperingati dengan tujuan untuk meningkatkan kondisi permukiman dan hak dasar bagi semua warga perkotaan di dunia.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)