Ada Perbaikan Konsumsi dan Investasi, Pemerintah Pede Ekonomi 2021 Bisa Tumbuh 5%

loading...
Ada Perbaikan Konsumsi dan Investasi, Pemerintah Pede Ekonomi 2021 Bisa Tumbuh 5%
Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Ekonomi Indonesia pada tahun 2021 ditargetkan dapat tumbuh sebesar 5%. Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) yang juga Wakil Ketua Satgas PEN Suahasil Nazara mengatakan pemerintah yakin bahwa target tersebut dapat dicapai karena ada perbaikan kondisi ekonomi.

“Kalau melihat kemarin kita berharap kondisi di kuartal II 2020 merupakan kondisi yang cukup dalam negatifnya. Kita berharap secara gradual akan terjadi perbaikan konsumsi, perbaikan investasi dan terus dengan support dari konsumsi dan kegiatan-kegiatan pemerintah itu. Kita harap akan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi 5%,” katanya saat konferensi pers, Rabu (30/9/2020). (Baca juga: Tol Manado-Bitung Pacu Pertumbuhan Ekonomi di Sulawesi Utara)

Di sisi lain Suahasil menyebut jika suatu negara mengalami kontraksi ekonomi maka di tahun berikutnya akan rebound. Peningkatan ini karena basis perbandingannya lebih rendah.

“Kalau kita mengalami kontraksi ekonomi, pertumbuhan itu negatif, kalau pertumbuhannya negatif berarti itu secara technical maka tahun depannya itu memang akan ada sedikit angkanya meningkat. (Ini) karena tahun ini basisnya lebih rendah. Ini disebut technical rebound,” ungkapnya.



“Jadi kalau satu tahun itu sempat turun maka tahun depannya itu bisa kelihatan naik sehingga terjadi pertumbuhan yang positif. Technical rebound ini juga akan terjadi,” imbuhnya.

Dia berharap pola ini juga dibarengi dengan peningkatan konsumsi, investasi dan belanja pemerintah. “Ini yang kita harapkan secara besar nanti akan menjadi basis dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kita perkirakan sekitar 5% di tahun 2021,” pungkasnya.
(ind)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top