Wow, 8 Vaksin Covid-19 Sudah Uji Klinis Tahap 3 Lho

Senin, 05 Oktober 2020 - 13:33 WIB
loading...
Wow, 8 Vaksin Covid-19 Sudah Uji Klinis Tahap 3 Lho
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - PT Bio Farma (Persero) mencatat ada delapan jenis vaksin Covid-19 dari perusahaan farmasi di dunia yang sudah masuk uji klinis tahap III. Salah satu dari delapan jenis vaksin tersebut merupakan produksi Sinovac Biotech Ltd yang kini menjadi mitra Bio Farma dalam mengembangkan vaksin Covid-19.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir Mengatakan, dalam rangka mempercepat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia, pihaknya menggunakan dua strategis baik jangka pendek dan jangka panjang.

Untuk jangka pendek, Bio Farma mengambil strategi dengan menggandeng perusahaan Sinovac untuk mempercepat produksi vaksin yang ditargetkan akan distribusikan pada akhir 2020. (Baca juga: Sinovac Cek Fasilitas Bio Farma, Siap Transfer Teknologi Vaksin COVID-19 )

"Saat ini sudah ada 8 vaksin yang masuk yang sudah masuk ke tahap III. Dan kita sedang melakukan kerja sama dari salah satu vaksin itu yaitu Sinovac. Ini untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek untuk memenuhi keinginan pemerintah untuk memutuskan mata rantai virus ini," ujar Honesti dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VI DPR, Jakarta, Senin (5/10/2020).

Bio Farma tak hanya menggandeng produsen vaksin asal China tersebut. Dalam strategi jangka pendek, Honesti mengatakan, pihaknya juga akan menggandeng sejumlah perusahaan farmasi terkemuka di dunia. Meski begitu, dia belum menyampaikan ihwal identitas sejumlah perusahaan tersebut.

"Untuk jangka pendeknya sendiri, kita juga kita inisiatif untuk melakukan (kerja sama) dengan beberapa produsen vaksin nanti kami informasikan lebih lanjut," kata dia.

Sementara itu, untuk jangka panjangnya, Bio Farma akan memproduksi vaksin Merah Putih. Pada tahap ini, Bio Farma akan berkolaborasi dengan Lembaga Biomolekuler Eijkman yang akan menggunakan strain virus asli Indonesia.

"Vaksin Merah Putih ini diharapkan akan diproduksi pada semester kedua 2022, bekerja sama dengan lembaga Eijkman yang berperan untuk penelitian awal sampai dengan pembuatan bibit vaksin," kata Honesti. (Lihat juga: Pembelian Vitamin Meningkat Jelang Pendistribusian Vaksin Covid-19 )

Sementara pada semester pertama 2021, penelitian akan dilanjutkan Bio Farma dari mulai uji pra klinis, uji Klinis tahap I, II dan III yang kemudian untuk diregistrasikan ke Badan POM. Dengan demikian, ditargetkan pada kuartal III dan kuartal IV 2022 vaksin Merah Putih akan dikomersialkan secara keseluruhan.

"Untuk jangka panjang sendiri, kami juga bekerjasama dengan lembaga Biomolekuler Eijkman, ada konsorsium bikinan vaksin Merah Putih karena memang baru kita lakukan komersial pada kuartal III atau IV 2022, jadi ini kita masukan ke jangka menengah," tuturnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)