Digitalisasi Kunci Koperasi Tidak Mati Ditelan Pandemi

Selasa, 06 Oktober 2020 - 00:15 WIB
loading...
Digitalisasi Kunci Koperasi Tidak Mati Ditelan Pandemi
Digitalisasi kunci koperasi tidak mati ditelan pandemi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM terus mendorong agar koperasi lebih cepat tanggap menghadapi era digitalisasi. Tanpa perubahan tersebut maka koperasi harus siap mati di telan pandemi Covid-19 .

"Koperasi harus mampu beradaptasi dengan perubahan. Saat ini kita dipaksa untuk menyesuaikan diri lebih cepat d an progressif," ujar Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan dalam webinar Sosialisasi Program Inovasi dan Transformasi Digital di Jakarta, Senin (5/10/2020).



Menurut dia transformasi digital yang harus dilakukan terutama melayani anggota hingga mencari nasabah. Dengan demikian koperasi diharapkan memiliki daya saing yang lebih kuat. Meskipun upaya tersebut bukan hal mudah tapi wajib untuk dilakukan apabila ingin tetap hidup.

"Transformasi digital harus dilakukan suka dan tidak suka. Pemerintah bisa menjadi mediator dan fasilitator dalam melakukan transformasi digital serta inovasi di lingkungan koperasi," kata dia.



Hal senada juga dikatakan Staf Khusus Menkop UKM Fiki C. Satari. Pihaknya mengatakan, mau tidak mau transformasi digital harus dilakukan di tengah perubahan zaman saat ini."Menjadi fokus saat ini ialah, bagaimana koperasi bisa mengikuti perubahan zaman agar tetap bertahan di era teknologi digital saat ini," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)