Kookmin Caplok Bukopin, Kepercayaan Investor Makin Kuat

Kamis, 08 Oktober 2020 - 00:12 WIB
loading...
Kookmin Caplok Bukopin, Kepercayaan Investor Makin Kuat
Kepastian KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham mayoritas telah menunjukkan dampak positif terhadap Bank Bukopin. FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kepastian KB Kookmin Bank Co.Ltd sebagai pemegang saham mayoritas telah menunjukkan dampak positif terhadap P T Bank Bukopin Tbk (BBKP) . Keberadaan Kookmin sebagai pemegang 67% saham Bukopin dinilai akan memperkuat kepercayaan publik baik investor maupun nasabah kepada bank tersebut.

Pengamat Pasar Modal, Fendi Susiyanto menjelaskan Kookmin merupakan Bank komersial dengan fundamental dan kinerja keuangan yang kuat. Dari data tercatat bahwa di tahun 2019 Kookmin menjadi pemimpin pasar pada segmen kredit UMKM di Korea Selatan dan menjadi bank komersial pertama yang menyalurkan kredit di segmen ini hingga 103,3 triliun won atau setara Rp1.308 triliun.

"Pemegang saham yang diharapkan bagi bank Bukopin memang yang memiliki dampak strategis besar yaitu dapat memberikan potensi nilai tambah, dan terciptanya sinergi value dimasa mendatang bagi bank. Kookmin mumpuni secara keuangan, memiliki expertise di bidang bisnis tertentu (UMKM) untuk diterapkan dan dilakukan transfer knowledge, serta terjadi peningkatan sinergi operasional di Bukopin," jelas Fendi di Jakarta, Rabu (7/10/2020).



Menguatnya kepercayaan atas masuknya Kookmin membuat berbagai lembaga pemeringkat menaikkan rating Bukopin. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menaikkan peringkat korporasi Bukopin dari 'idA-' menjadi 'idAA' dengan Prospek Stabil.

Pefindo juga menetapkan peringkat Obligasi Subordinasi Berkelanjutan II Bank Bukopin menjadi 'idAA'. Rating 'idAA' dan Prospek Stabil bermakna bahwa Bukopin memiliki kemampuan yang sangat kuat untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang dibandingkan terhadap obligor Indonesia lainnya.

Fitch Ratings Indonesia telah menetapkan Peringkat Nasional Jangka Panjang Bukopin menjadi ‘AA-(idn)’ dan ditetapkan berada dalam Rating Watch Positif. Peringkat tersebut masuk dalam kategori Investment Grade.

Menurut Fendi, pelaku pasar juga memberikan respons positif terhadap peningkatan kepemilikan saham Kookmin di Bukopin. “Meski terdapat dinamika akibat situasi pasar, sejak awal Agustus setelah Kookmin resmi menambah kepemilikannya, harga saham Bukopin dalam tren naik,” kata Fendi.

Marolop Alfred Nainggolan, Kepala Riset Praus Kapital mengatakan masuknya Kookmin ke Bukopin menunjukkan bahwa kepercayaan pelaku pasar global terhadap perbankan nasional masih sangat tinggi. Keberadaan Kookmin juga akan memperkuat fundamental Bukopin baik dalam jangka pendek maupun panjang.

"Dalam jangka pendek, suntikan dana segar pasti akan memperkuat likuiditas perusahaan. Sementara dalam jangka panjang Kookmin akan fokus peningkatan pertumbuhan bisnis seperti dengan memperkuat Bukopin melalui sinergi dengan lini bisnis yang lain," kata Alfred.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)