Sri Mulyani Ogah Pakai Dana Abadi Buat Biayai APBN

Kamis, 08 Oktober 2020 - 16:37 WIB
loading...
Sri Mulyani Ogah Pakai Dana Abadi Buat Biayai APBN
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) belum berencana menggunakan dana abadi sebagai salah satu instrumen untuk membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada masa pandemi Covid-19. Padahal dibolehkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020. Adapun dana-dana itu disebutkannya saldo anggaran lebih, dana abadi dan akumulasi dana abadi pendidikan, dana yang dikelola Badan Layanan Umum, dana yang dikuasai negara serta memanfaatkan pengurangan pembiayaan investasi pada BUMN.

"Sampai saat ini pemerintah belum berencana gunakan dana abadi pendidikan sebagai sumber pendanaan APBN," ujar Sri Mulyani dalam video virtual, Kamis (8/10/2020).

Meski dibolehkan, Sri menekankan, penggunaan dana abadi pendidikan sendiri tidak akan bertentangan dengan kewajiban negara untuk memenuhi hak atas pendidikan. Karena sejumlah alasan yang dipastikannya tidak mengurangi besaran dana abadi tersebut.
Misalnya, dana abadi pendidikan hanya dipergunakan apabila seluruh pembiayaan lainnya yang tersedia tidak memenuhi kebutuhan pemeirintah dalam penanganan Covid-19. Artinya, dana itu digunakan sebagai jalan terakhir untuk membiayai APBN.

Selain itu, dia melanjutkan, apabila pada akhirnya nanti digunakan untuk membiayai APBN, dana itu akan digunakan sebagai investasi dana pendidikan melalui pembelian Surat Berharga Negara (SBN) maupun Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). "Apabila dipergunakan ini akan menjadi investasi dana pendidikan melalui pembelian SBN dan SBSN bahkan mendapat return bukan sebagai belanja negara jadi dana abadinya tetap abadi," tandasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2763 seconds (0.1#10.140)