Transformasi SDM Jadi Kunci Dorong Digitalisasi UMKM

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 05:00 WIB
loading...
Transformasi SDM Jadi Kunci Dorong Digitalisasi UMKM
Transformasi SDM menjadi kunci untuk mendorong digitalisasi UMKM dalam rangka meningkatkan produktivitas. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Transformasi sumber daya manusia (SDM) merupakan kunci mendorong digitalisasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam rangka meningkatkan produktivitas di tengah pandemi saat ini.

"Peningkatan produktivitas pada UMKM juga perlu didukung oleh strategi pengembangan UMKM secara end to end yang mencakup penguatan manajamen usaha, peningkatan kualitas barang, perluasan akses pasar, dan peningkatan kapasitas SDM yang dibekali keterampilan mengenai teknologi digital," kata Deputi Gubernur BI, Doni P Joewono di Jakarta, Kamis (8/10/2020).

(Baca Juga: Ingin Dapur Tetap Ngebul? Pelaku UMKM Harus Cepat Banting Setir ke Bisnis Daring)

Direktur Jenderal Binalattas Kemnaker, Budi Hartawan menambahkan, ada tiga tantangan transformasi ketenagakerjaan sebagai dampak revolusi industri 4.0, yaitu transformasi skill, transformasi pekerjaan, dan transformasi sosial.

"Untuk menghadapi tantangan tersebut, dibutuhkan inovasi dalam mempersiapkan kompetensi tenaga kerja, termasuk pentingnya mengubah mindset dan meningkatkan produktivitas ke arah digitalisasi termasuk di lingkup UMKM," katanya.

Kementerian Koperasi dan UKM mencatat, pada awal 2019 baru 8 juta UMKM yang bergabung dalam platform digital atau 13% dari total populasi UMKM. Namun berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, per Juni 2020, jumlahnya meningkat mencapai 9,6 juta UMKM.

(Baca Juga: OJK Godok Aturan Urun Dana di Pasar Modal untuk UMKM)

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menargetkan 20 juta UMKM ke depan harus tersambung ke ekosistem digital. Untuk itu, dia menekankan perlunya peningkatan kerja sama antara Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah, institusi perbankan, fintech, marketplace dan seluruh pihak lain yang terlibat.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)