Teten Mencoba Menangkap Selera Market Dunia Lewat AI

Kamis, 08 Oktober 2020 - 17:59 WIB
loading...
Teten Mencoba Menangkap Selera Market Dunia Lewat AI
Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, bahwa salah satu yang disiapkan untuk meningkatkan ekspor UMKM ke pasar global adalah artificial intelligence (AI). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, bahwa salah satu yang disiapkan untuk meningkatkan ekspor UMKM ke pasar global adalah artificial intelligence (AI). Menurutnya, AI ini penting agar bisa menangkap selera market dunia.

"Saya kira artificial intelligence ini penting agar mengetahui selera market dunia" kata Teten dalam webinar bertajuk "Menyiapkan Produk - Produk Indonesia Mendunia", Kamis (8/10/2020).

(Baca Juga: Ingin Dapur Tetap Ngebul? Pelaku UMKM Harus Cepat Banting Setir ke Bisnis Daring )

Sambung Teten menjelaskan, jika bisa mengetahui selera pasar dunia, maka pelaku UMKM bisa didorong untuk memproduksi produk yang sesuai dengan keinginan market global. "Dengan memberikan informasi tersebut, UMKM kita bisa produktif di tengah keterbatasan sumber daya dan dana yang terbatas," jelasnya

Dalam paparannya, Teten menyebutkan produk - produk yang laku dipasar global. Mulai dari makanan dan minuman seperti minyak dan lemak nabati, ikan, sayuran ,buah-buahan, susu olahan, biji - bijian dan daging.

(Baca Juga: Teten Dapat Perintah Langsung dari Jokowi Gara-gara Ekspor UMKM Baru 14,5% )

Selain mamin, ada produk fesyen, furniture dan kerajinan tangan yang memiliki pasar besar di dunia. Sekedar informasi, hingga saat ini ekspor produk UMKM hanya sekitar 14,5%. Pemerintah menargetkan ekspor UMKM bisa meningkat dua kali lipat di 2024.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0826 seconds (0.1#10.140)